Sketsa News
Home Berita Terkini, Foto, Headlines, News Kronologi dan Foto Kereta Api Matarmaja Anjlok Tabrak 9 Rumah di Magersari Surabaya

Kronologi dan Foto Kereta Api Matarmaja Anjlok Tabrak 9 Rumah di Magersari Surabaya

Sketsanews.com – Kereta Api (KA) Matarmaja jurusan Jakarta tujuan Malang yang anjlok dan kemudian roboh di antara Stasiun Surabaya Pasar Turi menuju Stasiun barang Kalimas, Kawasan Dupak Magersari, Surabaya pada Sabtu (3/10/2015 00.30 WIB).

Humas Daop 8 Surabaya Sumarsono dikonfirmasi AntaraNews Sabtu, menjelaskan dari laporan yang diterima, lokasi anjloknya KA barang berada di Kilometer 0+/5, yakni antara Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Kalimas.

Ia mengatakan, KA bernomer lambung KA 2514A tersebut merupakan KA barang dari Stasiun Jakarta dengan tujuan Stasiun Kalimas Surabaya.

Gerbong yang anjlok tiga gerbong kontainer belakang dari 30 gerbong kontainer yang dibawa kereta tersebut, yang terdiri dari 12As, akibatnya sejumlah rumah warga yang berada di lokasi anjloknya KA rusak karena tertabrak.

“Soal penyebab kita belum bisa pastikan karena masih melakukan investigasi, dan laporan yang kami terima, kejadian itu terjadi pada pukul 00.30 WIB, atau Sabtu dini hari,” katanya.

“Kira-kira masih 100 meter dari stasiun (Pasar Turi), warga sudah melihat gerbongnya hampir jatuh dan meneriakinya. Tapi masinis di depan dan tidak mungkin dengar,” ujar warga bernama Bakri di lokasi kejadian, Surabaya, Jatim, Sabtu (3/10/2015), dikutip Liputan6.

 

KRONOLOGI ANJLOKNYA KA MATARMAJA DI MAGERSARI SURABAYA

Berdasarkan keterangan warga sekitar, kereta api yang membawa puluhan gerbong kontainer itu belum jauh berangkat dari Stasiun Pasar Turi, namun tiga gerbong paling belakang sudah dalam posisi miring dan hampir jatuh.

Saat kereta masuk ke perkampungan Dupak Magersari, tiga gerbong paling belakang itu roboh dan menimpa sejumlah rumah.

Kereta api yang terus berjalan menyeret gerbong kontainer yang terjatuh tadi dan menabrak puluhan rumah di sekitarnya.

“Sekitar 50 meter kemudian kereta api berhenti setelah ada bunyi benturan yang sangat keras. Warga keluar rumah dan melihat kejadiannya di luar,” ucap Bakri.

Saat dicek, warga menemukan seorang nenek bernama Umi Saluki (70), warga Dupak Magersari 1 Surabaya sudah meninggal dunia.

Menurut keterangan warga lainnya, sang nenek sedang membuat lontong di sekitar rumah saat kejadian nahas tersebut terjadi. Lontong itu memang dibuat setiap malam.

Warga lainnya, Budi, mengatakan bahwa tubuh Nenek Umi sempat terlindas gerbong kereta. “Tubuh nenek Umi Saluki ditemukan terlindas di bagian dada hingga pinggang,” tutur Budi.

Tak cuma Nenek Umi, seorang bocah atas nama Arif Wildan (11) yang juga warga sekitar mengalami luka di bagian tangan karena diduga terkena reruntuhan dinding rumah.

Polisi dibantu petugas Dinas Kebakaran Surabaya dan warga sekitar mengevakuasi korban meninggal dunia maupun luka-luka ke RSU dr Soetomo Surabaya.

 

FOTO – FOTO ANJLOKNYA KA MATARMAJA DI MAGERSARI SURABAYA DARI BERBAGAI MEDIA

(in)

%d blogger menyukai ini: