Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Erdogan: Rusia Bikin Kesalahan Serius di Suriah

Erdogan: Rusia Bikin Kesalahan Serius di Suriah

Sketsanews.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan Rusia melakukan kesalahan serius dengan terlibat perang di Suriah.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto worldbulletin.net)
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto worldbulletin.net)

, “Sayangnya, Rusia sekarang membuat kesalahan serius dan saya mendapat kesan bahwa langkah ini akan menjadi tanda-tanda awal Rusia akan diisolasi oleh negara-negara lain.” kata Erdogan saat di Bandara Internasional Esenboga di Ankara sebelum berangkat ke Perancis.

Rusia memulai serangan udara di Suriah, Rabu lalu, untuk menyelamatkan rejim Presiden Bashar al-Assad. Moskwa menegaskan serangan mereka ditargetkan untuk ISIL dan kelompok teroris yang berafiliasi.

Namun, negara-negara Barat dan sekutu Teluk percaya serangan Rusia ini akan banyak memakan korban dari pemberontak Assad dan warga sipil. Erdogan mempertanyakan tujuan yang ingin dicapai oleh Rusia di Suriah.

“Apa yang ingin Rusia capai disini? Ada seorang Assad yang melakukan terorisme di negaranya dan sayangnya Rusia dan Iran justru mendukung orang ini. Negara-negara yang berkolaborasi dengan rezim Assad akan diminta pertanggung jawabannya.” kata Erdogan, seperti dikutip worldbulletin.net

Turki telah menampung pengungsi Suriah sejak awal perang saudara terjadi Maret 2011 lalu, dan hingga sekarang sekitar dua juta pengungsi berada di bawah peraturan perlindungan sementara Turki.

“Hingga kini, kami telah menghabiskan 7,5 milyar dolar,” kata Erdogan, menambahkan bahwa apa yang dilakukan Turki adalah tanggung jawab moral.

Setelah mendapatkan pertanyaan dari Presiden AS Barack Obama atas program pelatihan kelompok oposisi Suriah, Erdogan mengatakan, “Kami berada dalam bahaya, tapi kami akan melakukan yang terbaik.” Ia juga menambahkan bahwa Turki akan melanjutkan program itu.

AS baru-baru ini menangguhkan program pelatihan kelompok oposisi Suriah setelah beberapa pasukan terlatih membelot.

“Saya yang pertama menyadari program itu tidak bekerja dengan cara yang seharusnya,” kata Obama pada Jumat (2/10) di Gedung Putih. seraya menambahkan AS ingin para pejuang dilatih untuk fokus memerangi ISIL.

Erdogan mengatakan Turki juga akan melanjutkan perjuangan melawan ISIL.(Ki)

//dunia.inilah.com/read/detail/2242465/erdogan-rusia-bikin-kesalahan-serius-di-suriah#sthash.9F8LgxXg.dpuf

%d blogger menyukai ini: