Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News PPATK Buat MoU dengan CAFIU Kamboja Terkait Terorisme

PPATK Buat MoU dengan CAFIU Kamboja Terkait Terorisme

Sketsanews.com – Saat ini kejahatan pencucian uang dan pendanaan terorisme telah menjadi kejahatan serius. Kejahatan tersebut meningkat secara internasional dan semakin komplek seiring pesatnya teknologi dan globalisasi industri jasa keuangan. Untuk memberantas kejahatan tersebut, Cambodia Financial Intelligence Unit (CAFIU) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU).

Ketua PPATK, Muhammad Yusuf
Ketua PPATK, Muhammad Yusuf

MoU tersebut berupa pertukaran informasi mengenai pencucian uang dan pendanaan terorisme. “Kita juga hidup dalam ancaman kegiatan terorisme. Oleh karena itu, sebagai mitra, kita harus bekerja sama untuk mencegah kejahatan ekonomi ini,” jelas Say Sam-Ath, Secretary General of CAFIU saat penandatangan MoU di Jakarta, (22/09).

Kepala PPATK Muhammad Yusuf menegaskan, kerjasama tersebut akan memperkuat hubungan antara kedua lembaga intelijen, termasuk juga program pertukaran staf antar FIU.

“Melalui MOU ini, kami berharap CAFIU akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk belajar dari PPATK bagaimana cara menjalankan fungsi FIU secara efektif, khususnya dalam hal analisis dan mekanisme kerja sama dalam negeri. Kami siap memperluas dan meningkatkan kerjasama kami antara kedua lembaga dalam pertukaran informasi atau berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam memerangi pencucian uang dan pendanaan terorisme dengan cara yang sangat efisien,” jelas Say Sam-Ath.

CAFIU didirikan pada tanggal 29 Januari 2008 dan bergabung menjadi anggota APG pada tanggal 15 Juni 2004. CAFIU beranggotakan dewan direksi yang terdiri dari Gubernur Bank Nasional Kamboja sebagai ketua dan anggota dari Kantor Dewan Menteri, Departemen Dalam Negeri, Departemen Kehakiman, dan Kementerian Ekonomi dan Keuangan. Seperti halnya PPATK, CAFIU bertanggung jawab menerima, menganalisis dan menyampaikan informasi kepada otoritas yang kompeten untuk penyelidikan lebih lanjut.

Sebelumnya CAFIU telah menandatangani sembilan MoU dengan FIU yaitu Malaysia, Bangladesh, Sri Lanka, Jepang, Vietnam, Korea, Thailand dan Loa PDR. (Ais)

Sumber : ppatk.go.id

%d blogger menyukai ini: