Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Petinggi DPR Didesak Minta Penjelasan Jokowi

Petinggi DPR Didesak Minta Penjelasan Jokowi

soal-capim-kpk-petinggi-dpr-didesak-minta-penjelasan-jokowi-bNR
Sketsanews.com – Pemimpin DPR disarankan untuk meminta penjelasan Presiden Joko Widodo terkait delapan nama calon pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (capim KPK). Penjelasan Joko Widodo (Jokowi) dinilai penting sebelum digelarnya uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) capim KPK oleh Komisi III DPR.

Anggota Komisi III DPR John Kenedy Azis mengatakan, penjelasan Presiden penting karena pihaknya mendapatkan banyak informasi yang menyebutkan adanya capim bermasalah. “Saya mendorong upaya pimpinan DPR sebelum masuk ke Komisi III, diskusi minta penjelasan kepada Jokowi tentang masalah ini (delapan capim KPK),” ujar John di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, seperti dilansir Sindonews.com, Rabu (7/10/2015).

Menurut dia, Komisi III tidak ingin disalahkan masyarakat jika ke depan kembali ada komisioner KPK yang terjerat kasus. John juga mempertanyakan hasil seleksi Panitia Seleksi Capim KPK terkait tidak adanya capim KPK dari unsur kejaksaan.

Padahal, tugas KPK adalah pencegahan, penuntutan, penyidikan dan penyelidikan. “Domain pekerjaan KPK itu hukum untuk lakukan pencegahan, penindakan, penuntutan, penyelidikan, penyidikan korupsi. Kalau tidak ada unsur Jaksa, pimpinan KPK tidak paham tugasnya. Jangan sampai pimpinan KPK ke depan belajar dengan anak buahnya,” pungkas John. (Su)

%d blogger menyukai ini: