Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Jerman dan Perancis Serukan Persatuan Eropa Hadapi Krisis Pengungsi

Jerman dan Perancis Serukan Persatuan Eropa Hadapi Krisis Pengungsi

Sketsanews.com – Kanselir Jerman dan Presiden Perancis menyerukan persatuan di seluruh Eropa untuk mengatasi krisis-krisis serius yang dihadapi benua itu.

** Keterangan Gambar : Kanselir Jerman Angela Merkel (kiri) dan Presiden Perancis Francois Hollande memberikan pidato di depan Parlemen Eropa di Strasbourg, Perancis hari Rabu (7/10/2015).(AP via voanews.com)

Dalam pidato mereka di Parlemen Eropa hari Rabu (7/10/2015) di Strasbourg, Perancis, kedua pemimpin Eropa tersebut mengatakan bahwa diperlukan kerjasama yang lebih besar untuk memukimkan ribuan migran dan pengungsi yang datang ke kawasan Eropa yang beranggota 28 negara itu.

** Keterangan Gambar : Seorang perempuan berteriak minta tolong saat dia dan anaknya tercebur ke laut, setibanya di pulau Lesbos, Yunani (2/10/2015).(AP via voanews.com)

Kanselir Jerman Angela Merkel menekankan penting ada kebijakan bersama dalam menangani masalah pengungsi, melindungi perbatasan Uni Eropa dan migran yang tidak memenuhi persyaratan untuk memperoleh suaka. Uni Eropa tidak harus takluk dan memilih jalan demi kepentingan nasional, kata Angela Merkel.

Sementara itu, Uni Eropa telah memulai operasi baru di bagian selatan Laut Tengah untuk mencegat kapal-kapal penyelundup manusia yang berupaya memasuki wilayah itu secara ilegal.

“Operasi Sophia” yang dimulai dengan mewenangkan Angkatan Laut untuk menaiki, menggeledah dan menyita kapal yang dicurigai menyelundupkan manusia.

** Keterangan Gambar : Mulai Rabu (7/10/2015), Uni Eropa (UE), yang sampai sekarang difokuskan pada pengawasan dan operasi penyelamatan di wilayah tersebut, akan mulai operasi baru untuk mencegat dan merebut kapal penyelundupan pengungsi. Foto: Pengungsi dan migran tiba di pulau Yunani Lesbos setelah melintasi Laut Aegea dari Turki pada tanggal 28 September 2015.(Getty Images/AFP/ARIS MESSINIS via ibtimes.com)

** Keterangan Gambar : Pengungsi dan migran berjuang untuk melompat dari sebuah perahu karet kecil penuh sesak di pulau Yunani Lesbos, setelah melintasi di laut yang ganas dari pantai Turki, 2 Oktober 2015. (Reuters/Dimitris Michalakis via ibtimes.com)

Pada masa lalu, Uni Eropa berfokus pada operasi pencarian dan penyelamatan di laut. Dengan besarnya arus migran dari Suriah, Irak dan tempat-tempat lain pada tahun ini, ribuan orang meninggal di laut sewaktu berupaya mencapai pantai Eropa.

Laporan- laporan menyebutkan lebih dari 130.000 migran telah menyeberang ke Eropa dari Afrika Utara tahun ini. Tetapi 2.700 di antaranya diduga tenggelam sewaktu melakukan perjalanan berbahaya itu. [sp]

Sumber : voaindonesia : Kanselir Jerman, Presiden Perancis Serukan Persatuan Eropa untuk Atasi Krisis

(in)

%d blogger menyukai ini: