Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Abu Sayyaf Dikabarkan Menculik Mantan Pendeta

Abu Sayyaf Dikabarkan Menculik Mantan Pendeta

Sketsanews.com – Kelompok Militan Abu Sayyaf dikabarkan telah menculik Mantan Pendeta dan diperkirakan telah membawanya ke markas mereka di Pulau Jolo pada Rabu malam (7/10/2015), sebagaimana dikabarkan OkeZone yang melansir dari AFP.

** Keterangan Gambar : Tentara Filipina mendirikan checkpoint di Pulau Jolo untuk mencari kelompok militan yang menculik mantan pendeta tersebut (Foto: The Star via Okezone.com)

Otoritas Filipina mengungkapkan bahwa seorang mantan pendeta sekaligus pemilik restoran di selatan Filipina diculik oleh kelompok militan Abu Sayyaf. Pihak otoritas juga menyampaikan kekhawatiran mantan pendeta tersebut dibawa ke pulau yang menjadi markas kelompok itu.

Enam tersangka diketahui menculik Rolando del Torchio (56). Mereka dengan cepat masuk ke restoran yang dipenuhi orang di Kota Pelabuhan Dipolog. Empat tersangka awalnya menyamar sebagai pelanggan restoran piza milik mantan pendeta tersebut.

Kapten Roy Vincent Trinidad mengatakan, korban dimasukkan ke mobil van yang sudah menunggu di luar restoran dan langsung melaju kencang menuju Kota Manukan sejauh 50 kilometer dari lokasi penculikan. Di Manukan, mereka berpindah dari mobil ke perahu motor.

Angkatan Laut Filipina telah diminta menghalangi tersangka setelah intelijen mengatakan bahwa perahu tersebut bernavigasi di sepanjang Semenanjung Zamboanga menuju barat daya Pulau Jolo.

Dilaporkan bahwa Jolo adalah markas utama dari kelompok yang masuk jaringan Al Qaeda itu. Abu Sayyaf sendiri menjadi pelaku utama aksi teror di Filipina, seperti pemenggalan dan penculikan turis asing serta misionaris Kristen.

“Semua penculikan di semenanjung Filipina pasti berakhir di Jolo, dan ini adalah sebuah bentuk pola,” kata Trinidad, sebagaimana dilansir AFP, Kamis (8/10/2015).

“Para sandera yang diculik di wilayah tersebut berujung di tangan kelompok Abu Sayyaf,” tambahnya. (hmr)

Sumber : Kelompok Militan Filipina Culik Mantan Pendeta

(in)

%d blogger menyukai ini: