Sketsa News
Home Berita Terkini, News Mulai 1 Januari Kemhan Gelar Diklat Bela Negara

Mulai 1 Januari Kemhan Gelar Diklat Bela Negara

Sketsanews.com – Kementrian Pertahanan melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kemhan akan mencanangkan Pendidikan dan Pelatihan bela negara yang akan dimulai pada 1 Januari 2016 mendatang.

latihan belaNegara (Foto Antara)
latihan belaNegara (Foto Antara)

Menurut Kepala Badiklat Kemhan, Mayjen TNI Hartind Asrin, setiap warga negara wajib mengikuti bela negara sesuai dengan Undang-Undang No 3 Tahun 2002 dan dalam rangka Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta).

“Diklat bela negara sesuai dengan amanah konstitusi kita. Pak Menhan mencanangkan program bela negara sebagai ikon Kemhan,” ujarnya dalam konferensi pers di Badiklat Kemhan, Salemba, Jakarta, Rabu (7/10).

Tak tanggung-tanggung, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mulai 1 Januari nanti akan mencanangkan gerakan 100 juta kader bela negara yang akan mengikuti latihan semi militer.

Kemhan pun telah menyiapkan 820 pusdiklat dan dipusatkan di PMPP, Sentul, Bogor. “Kami sudah siapkan kurikulum mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak hingga Perguruan Tinggi,” lanjut Jenderal Bintang 3 itu.

Hari ini, Kemhan telah menandatangani MoU dengan Bank Negara Indonesia (BNI) yang akan mengikutsertakan para pimpinan wilayah, wakil pimpinan, dan pimpinan cabangnya sebagai peserta diklat yang meliputi pelatihan fisik, militer dan pemahaman tentang bela negara.

“Pelatihannya mendekati pelatihan militer, 80% nya merupakan pendidikan militer seperti latihan fisik, Baris berbaris, menggunakan alutsista dan pemahaman tentang bela negara,” ungkap Hartindm dikutip gatra.com.(Ki)

%d blogger menyukai ini: