Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pembakaran Hutan Kejahatan Terencana

Pembakaran Hutan Kejahatan Terencana

walhi-sebut-pembakaran-hutan-kejahatan-terencana-DgV
Sketsanews.com – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) tidak sepakat kasus pembakaran hutan dan lahan ditetapkan sebagai bencana nasional. Sebab, kasus yang membuat darurat asap itu sebagian besar ulah manusia.

Melansir Sindonews.com, Zenzi Suhadi mengatakan, “Kami lebih suka menyebutnya sebagai kejahatan terencana,” ujar Manajer Kampanye Walhi dalam diskusi Polemik SINDO Trijaya bertajuk Asap Makin Pekat Pembakar Kita Sikat di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (10/10/2015).

Dia menambahkan, kasus pembakaran hutan dan lahan tidak terjadi kalau ada pencegahan dari pemerintah dan perusahaan. Dirinya mengungkapkan, ribuan izin telah diberikan pemerintah, terutama pemerintah daerah (Pemda) kepada perusahaan untuk membuka lahan selama ini.

Hal itu ditambah dengan adanya masyarakat yang membakar lahan untuk perkebunan yang tak sesuai aturan. “Ini menjadi kejahatan terencana, karena alam seharusnya bisa dijaga dari awal. Kalau bencana, itu harusnya karena kejadian di alam. Bukan ulah manusia,” tegasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: