Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Krisis Politik dan Sektarian Sebabkan Migrasi Besar-besaran

Krisis Politik dan Sektarian Sebabkan Migrasi Besar-besaran

krisis-politik-dan-sektarian-sebabkan-migrasi-besar-besaran-m4e
Sketsanews.com – Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menilai, krisis politik dan konflik sektarian yang terjadi di kawasan Timur Tengah, khususnya negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI), menjadi penyebab migrasi besar-besaran di wilayah tersebut.

Dalam pantauan Sindonews.com, Retno mengatakan, “Peningkatan migran disebabkan oleh krisis politik, konflik sektarian atau masalah kemanusiaan lainnya, sesuatu yang turut menjadi perhatian dunia,” ujarnya dalam pidato saat membuka Internasional Seminar On Human Right Education di Jakarta pada Senin (12/11).

Dia mengungkapkan, transformasi politik masih menjadi salah satu tantangan dan masalah utama beberapa negara anggota OKI. Transformasi yang tidak berjalan lancar membuat beberapa anggota OKI terjebak dalam krisis politik, yang beberapa di antaranya merambah menjadi konflik sektarian.

Konflik sektarian di beberapa negara anggota OKI juga memang menjadi salah satu masalah yang belum terselesaikan sampai saat ini. Contohnya seperti konflik di Suriah dan Yaman, yang menurut Retno keduanya saling berkaitan, dimana melibatkan dua kelompok ajaran Islam, yakni Sunni dan Syiah.

Selain itu, ada pula ekstrimisme yang dipandang turut menjadi salah satu penyebab terjadinya migrasi besar-besaran. “Ekstremis, teorisme, dan lain sebagainya adalah masalah kita semua. Kita harus hentikan itu semua,” tegas Retno. (Su)

%d blogger menyukai ini: