Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Pelecehan Lafadz “Allah” di Sandal Bermerk

Pelecehan Lafadz “Allah” di Sandal Bermerk

Sketsanews.com – Aneka sandal dengan tulisan lafadz “Allah,” Arabic: الله , meresahkan warga yang meresponnya dengan postingan di media sosial. Contoh yang dapat kita telusuri dari google, ada merk Croc, Nike dan terbaru Glacio . Umat Islam sangat sensitif, tersakiti karena asma Allah yang seharusnya diagungkan, justru dijadikan pijakan kaki.

Kasus terbaru penempatan mirip lafadz “Allah” dalam bahasa arab adalah produsen sandal merk Glacio ini. Berdasarkan hasil identifikasi seorang ustadz, diketahui ternyata desain sol sandal itu merupakan kaligrafi surat Al-Ikhlas dalam bentuk font style kufi morobba.

Dihimpun dari media pijar, dikabarkan MUI dan kepolisian Jawa Timur tengah meneliti serta mengusut kasus yang keterlaluan ini.

Kasus seperti ini jika tidak segera ditindak dan di usut maka kejadian-kejadian serupa bisa sangat mungkin terulang di masa mendatang. Dan jangan salahkan jika pada akhirnya masyarakat bereaksi tegas terhadap para pelaku penistaan agama tersebut.

Sementara itu, dari laporan media pijar, yang dikutip dari akun Umi Juliasih, terkait Sandal Lafaz Allah ini sudah ada Komunikasi dengan Perusahaannya. Mereka sudah menyadari kesalahannya. Dan tadi diwakili pak Yulianto, menyampaikan bahwa manajemen akan mengambil langkah sebagai berikut :

  • Pertama, tidak ada unsur kesengajaan desain. Desainernya orang Islam. Juga tidak menyadari ada lafaz itu.
  • Kedua, mulai hari ini akan dilakukan penarikan produk. Sampai ke toko toko. Di wilayah yang sdh dikirim.
  • Ketiga, dalam produksi ke depan akan dilakukan perubahan dan perbaikan desain sambil melakukan cek produk agar lebih hati hati.

Manajemen juga menyampaikan terimakasih atas koreksi dan masukan semua pihak. Namun sayangnya tak ada kata-kata permintaan maaf kepada ummat Islam.

Pada hari Senin tgl 12 Okt 2015 pkl 14.30 WIB bertempat di PT. Pradipta Perkasa Makmur KM 33,2 Jl. Raya Wringinanom Kab. Gresik telah dilaksanakan pengecekan dan pendalaman terhadap beberapa sumber terkait penemuan sandal yg bertuliskan lafaz ALLAH (pada alas kaki), adapun sumber sbb :

1. Melaks elisitasi/wawancara terhadap Bpk. Drh .Umboh (Personalia PT. Pradipta Prakasa Makmur) menerangkan sbb :

a. Bahwa sejak hari Sabtu tgl 10 Okt 2015 pihak perusahaan sudah melaksanakan perubahan mesin cetak di karena ditemukan huruf lafaz Allah.

b. Pihak perusahan menarik hasil produksi yg diduga ada tulisan lafaz Allah.

c. Pihak Menegemen Perusahaan merubah Desain bentuk pada Mesin pencetak Sendal, agar motif yg menyerupai lafaz Allah tersebut tidak ada lagi.

d. Sumber menyatakan bahwa mesin pencetak tersebut dipesan dan didatangkan langsung dari China.

e. Adapun rincian pembuatan sandal dari awal sampai saat ini sebagai berikut:
1) September 2014 : 12.000 pasang
2) Desember 2014 : 6.000 pasang
3) Maret 2015 : 7.420 pasang
4) April 2015 : 12.000 pasang
5) Juli 2015 : 12.000 pasang
6) Agustus 2015 : 16.500 pasang
7) September 2015 : 10.150 pasang
8) Oktober 2015 : 6.000 pasang.

2. Melaks elisitasi/ wawancara trhadap Aiptu M. Yufron (Kanitserse Polres Wringinanom) menerangkan sbb :

a. Pada hari Sabtu tgl 10 Okt 2015 pihak Polda jatim telah melaksanakan pemeriksaan dan penyelidikan di PT. Pradipta Perkasa Makmur KM 33,2 Jl. Raya Wringinanom Kab. Gresik terkait ada dugaan produksi sandal yg bertuliskan lafal Allah.

b. Bahwa pemilik Perusahaan an. Mr.Lou Hwa sudah dipanggil oleh Pihak polda Jatim, dan juga sudah membuat surat pernyataan yg ditujukan kpd MUI.

c. Saat ini untuk sisa produksi berupa 300 pasang sandal yg bertuliskan lafal Allah saat ini disita/diamankan oleh Polres Gresik.

d. Kasus saat ini dalam pendalaman oleh Polda jatim dan Polres Gresik.

(in)

 

%d blogger menyukai ini: