Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Bela Negara Jangan Hanya Fokus Latihan Militer

Bela Negara Jangan Hanya Fokus Latihan Militer

bela-negara-jangan-hanya-fokus-latihan-militer-Hgm
Sketsanews.com – Rencana Kementerian Pertahanan untuk merekrut 100 juta kader bela negara menuai perdebatan di kalangan masyarakat. Ada yang setuju, ada pula yang menganggap rencana tersebut kurang realistis.

Menurut pengamat militer Susaningtyas Nefo Handayani Kertopati, prinsip bela negara merupakan keharusan bagi seluruh komponen warga negara seperti diamanatkan dalam Undang-undang Dasar 1945. Namun, komponen utama bela negara yang bersifat pertahanan negara sudah ditugaskan kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Susaningtyas atau biasa disapa Nuning mengatakan jika pemerintah hendak menempatkan masyarakat sipil sebagai komponen cadangan pertahanan bela negara maka harus diperhitungkan secara matang. Selain soal regulasi yang tepat, faktor anggaran juga perlu diperhitungkan.

Dia menjelaskan, “Hanya saja Kemenhan harus clear soal anggaran. Jangan memberatkan negara, dan mengambil dari pos lain dalam renstra (rencana strategi) dengan pengalihan wilayah kegiatan,”jelas Nuning saat dihubungi Sindonews.com di Jakarta, Rabu (14/10/2015).

Mantan anggota Komisi I DPR itu berpendapat proses pelaksanaan bela negara tidak hanya difokuskan kepada latihan fisik kemiliteran melainkan untuk tujuan membangun semangat nasionalisme dan jiwa patriotisme. “Hal ini sebenarnya sudah ada dalam berbagai kurikulum Kemendikbud. Jadi sebaiknya ada kerja sama antara Kemenhan dan Kemendikbud,” pungkas Nuning yang juga pengamat intelijen itu. (Su)

%d blogger menyukai ini: