Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Bela Negara Bukan Hanya Soal Perang

Bela Negara Bukan Hanya Soal Perang

ksad-bela-negara-bukan-hanya-soal-perang-yX1
Sketsanews.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono menanggapi program pemerintah menggulirkan 100 juta masyarakat Indonesia wajib ikut bela negara.

Mulyono menegaskan TNI ikut membantu mewujudkan program tersebut terealisasi sesuai amanat Pasal 30 UUD 1945. Menurut dia, caranya dengan memberikan pemahaman, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. TNI juga menggandeng seluruh unsur untuk memberikan pemahaman tersebut salah satunya akademisi.

Melansir Sindonews.com, Mulyono mengatakan, “Kita jalin hubungan dengan semua, kalangan akademisi, perusahaan, gandeng semua masyarakat untuk bersama–sama bela negara. Seperti seminar di kampus–kampus,” ungkapnya usai berbicara dalam Seminar Nasional bertema Mewujudkan Sishanta yang Tangguh Melalui Penguatan Peran Binter TNI AD dalam Membantu Menyiapkan Kekuatan Pertahanan Negara di Kampus UI Depok, Kamis (15/10/2015).

Dia menambahkan, bela negara harus dilihat secara menyeluruh bukan berarti hanya bicara soal perang. Akan tetapi, bagaimana secara bersama–sama mempertahankan kedaulatan negara terhadap ancaman yang ada. “Bela negara tak perang saja, tetapi membangun karakter dan jiwa nasionalisme, agar dipahami, bicara bela negara bukan saja soal angkat senjata dan perang pemahamannya harus lebih jelas,” ungkapnya.

Salah satunya, yakni memberdayakan kesatuan TNI yang ada di wilayah terbawah di masyarakat. Di antaranya Kodam, Kodim, Korem, hingga Koramil dan Babinsa ikut mewujudkan pertahanan negara. “Koramil Kodim dan satuan kewilayahan sesuai amanah UU. Demi menjaga keutuhan tanah air dengan 250 juta masyarakat tentu bisa ditanyakan perlu enggak keberadaan Kodim dan Koramil jawabannya saya yakin masih dibutuhkan,” tangkasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: