Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Malaysia Tahan “Hacker” Pendukung ISIS

Malaysia Tahan “Hacker” Pendukung ISIS

heker
Sketsanews.com – Seorang pria Kosovo ditahan di Malaysia dengan tuduhan meretas database komputer dan memberi informasi tentang pejabat keamanan Amerika kepada kelompok yang menyebut diri Negara Islam atau ISIS.

Menurut pernyataan kepolisian Malaysia, pria berusia 20-an tahun ini ditahan 15 September lalu. Pihak Amerika Serikat mengidentifikasi pria tersebut sebagai Ardit Ferizi, diduga pimpinan dari kelompok peretas bernama Kosova Hacker’s Security (KHS).

Pernyataan dari Kementerian Kehakiman Amerika mengatakan Ferizi yang dikenal dengan nama samaran “Th3Dir3ctorY” itu meretas ke dalam sistem di sebuah perusahaan AS untuk mengambil data pribadi 1.351 staf militer dan pemerintahan Amerika.

Ia akan dikenai dakwaan peretasan komputer dan pencurian identitas, dengan ancaman hukuman penjara mencapai 35 tahun. Ferizi memasuki Malaysia bulan Agustus tahun lalu, untuk belajar ilmu komputer di Kuala Lumpur, kata kepolisian Malaysia.

Antara Juni dan Agustus tahun ini, Ferizi diduga telah menyerahkan data kepada anggota ISIS Junaid Hussain yang juga dikenal sebagai Abu Hussain al-Britani, yang kemudian mengunggah data para pejabat AS itu ke internet seiring ancaman terhadap mereka.

Melansir Kompas.com, kepolisian Malaysia mengatakan, “Penyelidikan awal menemukan tersangka berkomunikasi dengan salah satu ‘tangan kanan’ kelompok teroris ISIS di Suriah guna meretas beberapa server yang berisi informasi dan rincian personel dan tim keamanan AS,” ungkapnya.

Malaysia telah menahan lebih dari 100 orang terkait ISIS tahun ini, termasuk sepuluh orang bulan Agustus, dan enam di antaranya adalah anggota pasukan keamanan Malaysia. (Su)

%d blogger menyukai ini: