Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Komunitas Syiah Saudi di Serang ISIS, 5 Tewas

Komunitas Syiah Saudi di Serang ISIS, 5 Tewas

Sketsanews.com – Selang dua hari setelah peringatan Asyura, ISIS Bahrain mengklaim penembakan yang menewaskan 5 orang di sebuah aula pertemuan Syiah di Saihat, Provinsi timur Arab Saudi, Jumat (16/10/2015).

** Petugas keamanan memeriksa orang yang ingin memasuki komplek Al-Haidaria di daerah Saihat di kota Qatif (Via media.zenfs.com/en_us/News/afp.com)

Liputan6, Seperti dikutip dari laman Saudi Gazette, Sabtu (17/10/2015), satu di antara kelimanya dikabarkan perempuan. Para korban itu, yakni Ali Hussein Al-Saleem, Abdullah Al Jassim, Ayman Al Ajmi, Abdulsatter Busaleh, dan Buthaina Al-Abad.

Aparat keamanan setempat dikabarkan telah melumpuhkan pelaku hingga tewas dan mengamankan 2 orang yang diduga terlibat dalam kejadian ini.

Detik, dilansir AFP, pada Sabtu (17/10/2015), “Sebagai dampak dari penembakan ini, lima orang… tewas, termasuk satu wanita. Sembilan orang lainnya luka-luka,” ujar juru bicara Kementerian Dalam Negeri Saudi.

** Jamaah Syiah Saudi berkumpul di sebuah hussainiya, ruang Syiah yang digunakan untuk peringatan Ayura, di kota pesisir basis Syiah di Qatif pada 16 Oktober 2015 (AFP Photo / Hussein Radwan) (via fr.metrotime.be)

Pertemuan ini digelar di Al-Haidaria hussainiya di area Saihat. Hussainiya merupakan semacam aula Syiah yang digunakan untuk peringatan. Menurut juru bicara ini, pelaku menggunakan senapan otomatis dalam serangannya. “(Pelaku) Melepas tembakan secara acak,” sebutnya.

Polisi yang dikerahkan ke lokasi berusaha melumpuhkan pelaku dan baku tembak sempat terjadi. Pelaku tewas terkena tembakan polisi. Otoritas setempat tidak menjelaskan lebih lanjut identitas pelaku. Televisi setempat melaporkan, pelaku penembakan berusia 20 tahun.

“Situasi ini masih dalam penyelidikan,” ucapnya.

Secara terpisah, kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) untuk wilayah Bahrain mengklaim salah satu anggotanya mendalangi serangan di Saihat tersebut. “Menyerang kuil sesat Syiah dengan senapan otomatis,” demikian pernyataan mereka.

(in)

%d blogger menyukai ini: