Sketsa News
Home Berita Terkini, News Hafal Quran 30 Juz? di Kota Padang berhadiah Haji, di Jatim Rp.300 Ribu per Bulan

Hafal Quran 30 Juz? di Kota Padang berhadiah Haji, di Jatim Rp.300 Ribu per Bulan

Sketsanews.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjadi pelopor utama program peduli Guru Penghafal Al-Quran. Hal ini diwujudkan dengan apresiasi pemerintah dengan memberikan intensif bulanan sebesar Rp. 300.000,- kepada Guru Penghafal Al-Quran yang terverifikasi. Sedangkan di Kota Padang meluncur “Padang Menghafal Al-Quran,” berhadiah Haji bagi yang hafal 30 juz.

 

Pemprov Jatim Beri Intensif Bulanan Rp.300.000,- Kepada 2.500 Guru Penghafal Quran

Gaji berupa intensif sebesar Rp300 ribu setiap bulan bagi guru penghafal Alquran yang menjadi bagian dari program Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan cair pada akhir 2015. Pada tahap awal ini, intensif bulanan akan diserahkan ke 2.500 orang terverifikasi, yang akan cair pada akhir 2015.

“Dalam waktu dekat ini akan cair, kemungkinan besar cair akhir tahun ini,” ujar Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setdaprov Jatim Bawon Adhi Yithoni, dikutip dari AntaraNews pada Selasa (20/10/2015).

Menurut dia, para pengajar ini ikut andil besar dalam mendidik masyarakat Jatim agar memiliki akhlak yang baik, sekaligus membantu membangun moral bangsa.

“Pesatnya pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan tanpa akhlak yang mulia maka akan sia-sia dan tidak memberikan dampak bagus untuk masyarakat,” katanya.

Para penerima program ini sebelumnya telah melalui serangkaian verifikasi yang dilakukan Lembaga Pengembangan Tilawatil Alquran (LPTQ) provinsi dan kabupaten/kota.

“Tahun depan jumlah penerimanya akan bertambah. Tapi tentunya dengan verifikasi yang tidak sembarangan dan sesuai ketentuan, salah satunya tes agar tepat sasaran,” katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf menyampaikan bahwa program ini merupakan program pertama kali di Tanah Air dan diharapkan akan diikuti provinsi lainnya.

 

“Padang Penghafal al Quran”

Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo melaunching program Padang menghafal Alquran pada tanggal 13 Oktober 2015. Program tersebut bertujuan untuk  meningkatkan kecintaan terhadap hafalan Alquran terutama generasi muda serta para pelajar.

“Momen 1 Muharam yang telah diperingati setiap tahunnya dapat dijadikan titik untuk memulai agenda-agenda yang strategis  untuk masa yang akan datang, salah satunya program Padang menghafal Aquran” sebut  Mahyeldi dikutip dari Padang.go.id.

Ditempat dan waktu terpisah, ribuan santri TPQ/TQA se-Kota Padang mengikuti apel akbar “Semarak Subuh” yang dilaksanakan di Lapangan Imam Bonjol selepas salat Subuh, Minggu (18/10), dilansir HarianHaluan.

Dalam apel ini Walikota Padang H. Mahyeldi Dt. Marajo mencanangkan meng­hafal Quran dan me­lak­sanakan salat Subuh berjamaah secara rutin.

Menurut walikota, bagi santri yang rutin melak­sanakan salat Subuh ber­jamaah di masjid tanpa terputus, nantinya akan diberi hadiah berupa uang. Begitu juga yang berhasil menghafal Alquran 30 juz akan diberangkatkan ibadah haji ke Tanah Suci.

Dalam pelaksanaannya nanti akan ada tim pengawas di masjid dan musala di lingkungannya masing-ma­sing. Untuk waktu mulai penilaiannya nanti akan ditentukan lebih lanjut.

“Pemerintah Kota Pa­dang akan menganggarkan sekitar Rp 500 juta untuk itu. Masing-masing santri yang berhasil melaksanakan salat subuh 40 kali berturut-turut tanpa terputus akan diberi hadiah dengan be­saran yang me­madai. Hal itu guna me­motivasi para santri didikan subuh lebih ber­semangat,” sebut Wako Mah­yeldi.

Ia berharap, siswa-siswi yang mengikuti didikan subuh di TPQ/TQA ma­sing-masing agar lebih rajin. Selain mengikuti salat su­buh berjamaah, juga harus rajin pula meningkatkan hafalan ayat-ayat Alquran. Sebab, ia ingin masyarakat Kota Padang semakin reli­gius dan menjadi masyara­kat penghafal Quran.

Dia yakin, dengan rajin salat subuh berjamaah di masjid dan menghafal Qur­an akan menanamkan rasa mencintai agama dan mere­ka akan semakin memiliki dasar keimanan yang kuat.

“Hanya orang yang me­miliki keimanan yang ku­atlah yang layak menjadi pemimpin. Mereka yang memiliki keyakinan dan keimanan ibarat sebatang pohon yang akarnya meng­hunjam dalam ke bumi dan batangnya menjulang tinggi serta berbuah setiap musim. Mereka adalah generasi yang beriman seperti siswa TPQ/TQA yang hadir saat ini,” sebutnya.

Walikota dengan lan­tang menyerukan,”Apakah kalian siap menjadi pe­mim­pin ?” secara serempak dan lantang para santri me­nya­hut, “Siaaap !”

 

Tertarik Menghafal Al-Quran?

DR. Ahmad Zain An-Najah, M.A. berbagi tips menghafal quran, yang dirangkum dalam “15 Langkah Efektif Untuk Menghafal Al Qur’an” Tautan artikel dapat diklik pada judul artikel tersebut atau website ahmadzain.com adapun Profil Ahmad Zain dilihat dilink ini.

(in)

%d blogger menyukai ini: