Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News “Ngeri-ngeri Sedap,” Hacker Pelajar @phphax yang Hack Email Direktur CIA John Brennan

“Ngeri-ngeri Sedap,” Hacker Pelajar @phphax yang Hack Email Direktur CIA John Brennan

Sketsanews.com – Hacker pro Palestina, @phphax yang di twitnya sering berhashtag #FreePalestina, #FreeGaza, membobol akun email pribadi Direktur Central Intelligence Agency (CIA) John Brennan.

*** Direktur CIA, John Brennan (via govexec.com)

Pemilik akun yang pernah mentwit “guys please help i’m only 13..” mengatakan ia termotivasi baik oleh politik dan oleh keinginan untuk mempermalukan pemerintah AS.

@phphax told BrennanWe just want Palestine to be free and for you to stop killing innocent people. Wired.com/2015/..

“John dan Jeh keduanya orang yang sangat besar dan orang-orang berpangkat tinggi, jadi, maksudku, jika kita hack mereka, mereka akan malu,” katanya. “Tapi itu benar-benar karena pemerintah membunuh orang yang tidak bersalah, mereka juga mendanai (Israel) untuk membunuh orang yang tidak bersalah,” dikutip dari CNN.

Akun Twitter-nya, @phphax, mem-posting link yang menurutnya adalah file yang berisi daftar kontak Brennan, log panggilan telepon Wakil Direktur CIA Avril Haines, berkas informasi 20 anggota CIA dan dokumen penting lainnya.

Bukan itu saja, hacker tersebut juga mengaku telah membobol rekening Comcast milik Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson, serta informasi pribadinya. Salah satu dokumen yang tersebar berisi spreadsheet, termasuk pejabat intelijen senior, bersama dengan nomor jaminan sosial mereka, dilansir dari Liputan6.

 

Membobol dengan Teknik “Social Engineering”

Si hacker mengaku pada Wired, dikutip dari Merdeka (21/10/1015), bila dia tidak bekerja sendiri, tetapi bersama dua orang lainnya. Dia mengatakan mereka pertama-tama melakukan pencarian nomor ponsel Brennan, dan tahu bila Brennan adalah seorang pelanggan Verizon. Kemudian salah satu dari hacker itu berpura-pura sebagai teknisi Verizon dan menelepon perusahaan tersebut sembari meminta rincian data tentang akun Brennan.

Teknik hacking seperti ini dikenal dengan nama social engineering. Hal ini juga diamini oleh mantan pegawai senior CIA, Jasper Graham, yang mengatakan jika data akun yang seharusnya hanya diketahui oleh pengguna berhasil bocor ke pihak lain.

Dari aksi hacking ini, si hacker remaja itu berhasil mendapat 47 halaman perizinan rahasia, nomor jaminan sosial dan informasi pribadi beberapa anggota dan petinggi CIA, termasuk akses akun Comcas milik Brennan.

Sejak kemarin, hacker pro Palestina itu sudah membocorkan data yang dia dapat dari bos CIA lewat akun Twitter @_CWA_. Beberapa data yang sudah bocor antara lain nomor telepon, nomor jaminan sosial, alamat email, dan laporan status pegawai CIA. CWA sendiri kata si hacker adalah singkatan dari ‘Cracks With Attitude’, sebutan untuk dia dan teman-teman sekelasnya yang ikut dalam aksi ini.

(in)

%d blogger menyukai ini: