Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Sidney Jones : Umar Jundulhaq putra Imam Samudera tewas di Suriah

Sidney Jones : Umar Jundulhaq putra Imam Samudera tewas di Suriah

imam-samudera

Sketsanews.com – Sidney Jones mengatakan, “Dia tewas dalam tempur di sekitar bandara Deir ez-Zur di Suriah. Saya bisa memastikan dia (Umar) yang tewas, saya sudah lihat foto mayatnya,” dikutip dari VoaIndonesia.

*** Imam Samudera memeluk anaknya dalam pertemuan terakhir dengan keluarganya di penjara Batu, Nusakambangan, 29 Oktober 2007. (Foto: dok. REUTERS/Beawiharta/via twitter )

Umar Jundulhaq (19 tahun) putra pelaku bom bunuh diri di Bali Imam Samudera, dikabarkan tewas dalam sebuah pertempuran di kota Deir ez-Zur, Suriah, pada 14 Oktober lalu. Dia adalah satu dari 50 warga negara Indonesia yang tewas dalam pertempuan di Suriah sejak Maret lalu, baik dengan pasukan Kurdi maupun dengan pasukan Presiden Suriah Bashar Al Assad.

** Kota Deir ez-Zur, Suriah, REUTERS photo (via hurriyetdailynews.com)

Selain itu ada juga yang tewas akibat pemboman udara yang dilakukan pasukan koalisi tetapi jumlahnya tidak banyak. Ada pula lima orang yang tewas karena menjadi pembom bunuh diri.

Saat ini lanjut Sidney masih ada sekitar 300an warga negara Indonesia yang pergi ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS tetapi 40 persen di antaranya perempuan dan anak-anak. Mereka ikut dengan suami mereka.

Tim Ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Wawan Purwanto membenarkan Umar Jundulhaq, anak pelaku bom bunuh diri di Bali, Imam Samudera tewas di Suriah.

“Rata-rata dimakamkan di sana, tidak dibawa ke sini karena kepergiannya sendiri dianggap menyalahi dari perundang-undangan, kewarganegaraan dalam negeri juga jadi tidak dipulangkan. Sampai saat ini tidak ada mereka yang meninggal di Suriah dibawa pulang ke Indonesia itu tidak ada. Semua dimakamkan di sana,” jelasnya.

Direktur Institute for Policy Analysis of Conflict (IPAC) Sidney Jones mengakui bahwa sebenarnya jaringan-jaringan teroris di Indonesia telah lemah. Meski demikian tambahnya semua pihak tetap harus waspada karena apabila ada yang pulang dari Suriah, mereka memiliki kredibilitas dan keterampilan yang tinggi seperti mahir menggunakan senjata dan berperang.

** Foto Paling Atas Imam Samudera (terlahir Abdul Aziz, lahir di Lopang, Serang, Serang, Banten, 14 Januari 1969 – meninggal di Nusa Kambangan, 9 November 2008 pada umur 39 tahun) adalah terpidana mati dalam Bom Bali 2002. (google.com)

(in)

%d blogger menyukai ini: