Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Yusril Sindir Rencana Jokowi ke Amerika

Yusril Sindir Rencana Jokowi ke Amerika

warga-kesulitan-bernafas-yusril-sindir-rencana-jokowi-ke-amerika-3Su
Sketsanews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta menunda rencana kunjungannya ke Amerika Serikat (AS) dalam waktu dekat ini.

Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menyarankan Jokowi harusnya lebih mengutamakan persoalan kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah Indonesia. “Kunjungan Jokowi ke AS ketika sebagian rakyatnya meregang nyawa hadapi bencana asap, bahkan beberapa telah menjadi korban, adalah sikap tidak bijaksana dan tidak merakyat,” ujar Yusril dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Sindonews.com, Jumat (23/10/2015).

Dia menilai, persoalan kebakaran hutan dan lahan di beberapa daerah Indonesia semakin memprihatinkan. Dampak dari kebakaran itu menimbulkan korban jiwa, ancaman kesehatan warga setempat dan kerusakan lingkungan.

Menurut Yusril, Amerika Serikat bisa memahami jika Jokowi membatalkan kunjungannya itu. Alasannya, Amerika Serikat juga negara yang fokus terhadap persoalan lingkungan. “Dalam situasi seperti ini Jokowi harusnya malu berkunjung ke AS,” ucapnya.

Apalagi, pemerintah terkesan mulai lari dari tanggung jawab dengan melemparkan pemadam kebakaran ke negara lain. Dia mengingatkan sesuai konstitusi presiden berkewajiban untuk melindungi segenap bangsa Indonesia. “Kunjungan Jokowi ke AS meskipun memenuhi undangan Presiden Obama selayaknya ditunda, karena tidak ada hal mendesak untuk dibicarakan dengan Presiden AS,” tandasnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: