Sketsa News
Home Berita Terkini, Foto, News Foto Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari Tanpa Jenggot, Ini Tanggapan Netizen

Foto Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari Tanpa Jenggot, Ini Tanggapan Netizen

Sketsanews.com – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) pada tanggal 22 Oktober 2015 menyisakan kehebohan dan polemik. Yakni soal foto Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari yang dipajang saat peringatan HSN di Jakarta. Di foto itu, Hasyim tak berjenggot.

Foto pendiri Nahdatul Ulama (NU) itu dipampang sebagai latar belakang tempat pidato pada peringatan HSN. Foto-foto tersebut kemudian menyebar di media sosial (medsos) seperti Facebook dan twitter.

foto Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy'ari yang dipajang saat peringatan HSN di Jakarta
foto Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari yang dipajang saat peringatan HSN di Jakarta

heboh-foto-syaikh-hasyim-asy-ari-tanpa-jenggot-di-medsos-n3bZfd5Itx
Dalam foto yang beredar terlihat Ketua PBNU KH Said Aqil Siroj sedang memberikan pidato dengan latar belakang foto Hasyim tanpa jenggot.

Berikut kutipan tanggapan dari Medsos mengenai foto Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari tanpa jenggot dari laman Okezone.com.

Salah satunya dari akun @malakmalakmal dengan mention ke akun @Gus_Sholah, @achyatAhmad, dan @Awyyy83.

Akun tersebut berkicau bahwa ada yang tega menghilangkan jenggot mbah Hasyim. “Kok ada yang tega menghapus jenggot Kyai Hasyim ?” tulis pemilik akun @Malakmalakmal.

Hal serupa dilontarkan pemilik akun @ustadtengku. “Teganya menghapus jenggot Syekh Hasyim Asy’ari. Sebegitu bencinya mereka degan sunnah nabi sampai adab pada ulama besar pun dibuang,”kicaunya.

Akun Randu Wingi di Facebook melontarkan pernyataan terkait beredarnya foto-foto Hasyim itu . Pernyataan itu dikomentari akun lain, seperti akun Win Satung yang menyebut foto-foto itu sebagai bentuk pelecehan. “Harusnya pelecehan ini pak,” ujarnya.

Namun ada beberapa akun yang meminta agar persoalan jenggot tidak dibesar-besarkan. “Masalah jenggot KH Hasyim tak perlu dibesar-besarkan,” begitu pesan pemilik akun @ardinasmar.

Cicit Hadaratusy Syaikh KH Hasyim Asy’ari, Ipang Wahid sempat memposting foto tersebut. Namun, akhirnya dihapus karena telah menimbulkan polemik di sosial media.

foto-lama-kh-hasyim-asyari
foto-lama-kh-hasyim-asyari

“Dengan mengucap Bismillah postingan foto kontroversi mbah Hasyim saya hapus. Seperti biasa ternyata ramai luar biasa responsnya. Di-like oleh 870 orang, dikomen 209 Orang, dan hampir 500 yang ngeshare,” tulis Ipang Wahid di laman Facebooknya. (Ki)

%d blogger menyukai ini: