Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Isu Raja Salman Bakal Digulingkan Menguat

Isu Raja Salman Bakal Digulingkan Menguat

didukung-12-pangeran-saudi-isu-raja-salman-bakal-digulingkan-menguat-9Az
Sketsanews.com – Isu untuk menggulingkan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz, semakin menguat, setelah 12 pangeran Saudi putra dari pendiri kerajaan diklaim mendukung rencana kudeta itu. Pangeran Ahmed bin Abdulaziz, 73, saudara dari Raja Salman dan mantan Menteri Dalam Negeri Saudi menjadi tokoh favorit untuk menggantikan Raja Salman.

Dukungan selusin pangeran Saudi soal rencana penggulingan Raja Salman itu kembali diungkap seorang pangeran yang merupakan salah satu dari cucu pendiri kerajaan Arab Saudi. Bangsawan Saudi yang namanya dirahasikan karena keselamatannya terancam itu mengungkapnya kepada media Inggris, Independent.

Menurutnya, rencana penggulingan Raja Salman itu juga akan didukung para pemimpin agama Islam di Saudi atau para ulama. Dia mengatakan, dukungan administrasi akan menjadi penting untuk setiap suksesi monarki. ”Ulama dan tokoh-tokoh agama lebih condong ke Pangeran Ahmed. Tidak semua dari mereka (mendukung), tapi 75 persen,” katanya, seperti dilansir Sindonews.com, Sabtu (24/10/15).

Berbagai masalah yang memicu isu kudeta terhadap Raja Salman antara lain, soal tragedi dalam pelaksanaan ibadah haji termasuk robohnya crane di Masjidilharam dan tragedi di Mina dengan korban tewas lebih dari 2 ribu jamaah haji.

Selain itu, soal pengangkatan putranya, Mohamed bin Salman sebagai Deputi Putra Mahkota juga menjadi pemicu. Bahkan, kebijakan Raja Salman yang meluncurkan perang di Yaman dengan biaya mahal turut memicu ketidakpuasan keluarga kerajaan terhadapnya. (Su)

%d blogger menyukai ini: