Sketsa News
Home Berita Terkini, News Asyik Karaoke, 12 Tewas saat Inul Vizta Manado Terbakar dan Daftar Nama Korban

Asyik Karaoke, 12 Tewas saat Inul Vizta Manado Terbakar dan Daftar Nama Korban

Sketsanews.com – Hingar bingar dinihari di KaraokeInul Vizta Manado menjadi jeritan histeria saat terjadi kebakaran hebat pada Minggu (25/10/2015). Sedikitnya, 44 pengunjung berhasil dievakuasi petugas pemadam kebakaran (Damkar). Para korban tersebar di beberapa rumah sakit (RS) yang ada di Manado.

“Pada saat kebakaran para pengunjung yang di lantai 2 dan 3 sedang menyanyi,” ujar Kapolres Manado, Kombes Rio Permana, saat dikonfirmasi, Minggu (25/10/2015), dilansir dari detikcom .

Rio mengatakan, suasana tempat karaoke keluarga tersebut juga sedang ramai ketika kebakaran terjadi. Tetapi para korban tewas diduga tidak bisa menyelamatkan diri karena api begitu cepat menjalar.

“Api nya berasal dari lantai 2 dan langsung cepat menjalar karena tembok mereka pakai wallpapper,” ucapnya.

Rio mengatakan, para karyawan berhasil menyelamatkan diri terlebih dahulu. Sedangkan beberapa pengunjung masih ada yang terjebak di lantai 2 dan 3.

“Kebakaran korban tewas adalah pengunjung,” kata Kapolres Manado Kombes Pol Rio Permana kepada detikcom, Minggu (25/10/2015).

Tempat karaoke Inul Vizta yang dilalap si jago merah itu berada di Jalan AJ Sondakh Kawasan Megamas Manado. Kebakaran terjadi pada pukul 01.00 WITA dan berhasil dipadamkan pada pukul 03.30 WITA.

“Kami lihat orang berhamburan dari lantai 2 disertai teriakan kebakaran, kami pun ikut berhamburan keluar gedung,” ujar Dedy, pengunjung di lantai dasar kepada detikcom di lokasi, dinihari ini.

Data yang diperoleh dari lapangan pada Minggu (25/10/2015), terdapat 17 korban di RS Pancaran Kasih, sembilan korban di RS Wolter Monginsidi Teling, dua orang di RS Bhayangkara dan enam orang di RSUP Prof dr RD Kandou Malalayang.

 

** Jenazah korban tragedi kebakaran maut di tempat karaoke keluarga Inul Vizta Manado berjejer di ruang jenazah RSUP Kandou Malalayang Manado, Minggu (25/10/2015). (TRIBUNMANADO/VALDY SUAK)  (via @Tribun_Manado)

Umumnya para korban mengalami sesak nafas kehabisan oksigen dan menghirup asap pekat

Berdasar saksi mata yang dihimpun dari pengunjung yang selamat oleh TribunNewsMenado,  saat kebakaran terjadi, api yang besar tidak tampak. Hanya bara yang menyala dan membakar tiap ruang karaoke yang berada di lantai tiga.

Menurut Emby, saksi yang berada di lokasi, saat kejadian tidak terlihat adanya api.

“Saya masuk untuk menolong, saat itu belum ada petugas pemadam kebakaran. Saya lihat hanya bara yang menyala tidak ada api, tapi asap sangat tebal dan menyengat hidung,” jelasnya.

Tambahnya, saat kejadian suasana sangat gaduh, para korban berteriak minta tolong.

Meski begitu warga yang berada di sekitar lokasi tidak bisa berbuat banyak.

“Kami hanya bantu memberikan minuman bagi para korban dengan cara melempar dari luar sehingga masuk lewat jendela,” jelasnya.

Lanjutnya, satu jam kemudian mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi dan membantu evakuasi.

“Petugas damkar juga sulit masuk karena asap sangat pekat. Karena yang terbakar adalah dinding plastik dan spon di tiap ruangan karaoke,” jelasnya.

 

Daftar Nama Korban Tewas Terbakar di Inul Vizta Manado

Berikut nama-nama korban tewas berdasarkan data yang dihimpun Kompas.com di RS Prof Kandou Malalayang, Minggu (25/109/2015) dini hari:

1. Sukardi, alamat Wonasa Tengah, Lingkungan 6.

2. Rendi Korompis (Paal 2 Pasar Segar).

3. Cici Wonok (Desa Tumani Jaga 4, Tompaso Baru).

4. Riyani Walalangi (Desa Tumani Jaga 4, Tompaso Baru).

5. Rendy (Karyawan Kimia Farma)

6. Sinta Sajow (Desa Koka Jaga 1, Tombulu).

7. Claudia Wowor (Desa Tamblang, Tompaso Baru).

8. Fredi Kalalo (Karombasan) 9. Yani Langi

Sementara tiga korban lainnya yaitu dua orang pria dan seorang perempuan hingga berita ini diunggah belum diketahui identitasnya.

(in)

%d blogger menyukai ini: