Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Pemerintah memonitor aktivitas siber, Jangan Buat “Meme” Lecehkan Jokowi

Pemerintah memonitor aktivitas siber, Jangan Buat “Meme” Lecehkan Jokowi

Sketsanews.com – Pemerintah akan memonitor aktivitas siber, dan mulai saat ini netizen tak bisa seenaknya membuat meme, gambar lucu yang melecehkan presiden RI Joko Widodo sang pemilik akun resmi twitter @jokowi.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah tak segan melakukan penindakan jika menemukan meme penghinaan terhadap Presiden yang merupakan simbol negara.

“Sekarang kamu mau enggak saya lecehkan? Enggak mau kan? Ya sudah. Kalau kamu enggak mau, saya juga enggak mau, kan begitu, apalagi presiden, presiden kan simbol negara,” kata Luhut di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (26/10/2015) dikutip dari Kompas.

** Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan (twitter.com @sandyseptian1)

Lebih lanjut luhut mengatakan bahwa pemerintah akan memonitor aktivitas siber dalam rangka mencegah potensi huru-hara melalui internet.

Ia mencontohkan kasus penyebar isu bahwa Presiden Joko Widodo bakal meminta maaf kepada keluarga Partai Komunis Indonesia dan Gerwani di seluruh Indonesia. Atas penyebaran isu yang dianggap meresahkan tersebut, kepolisian langsung melakukan penelusuran.

“Bisa jadi seperti itu. Kalau kamu tidak benar, memberikan rumor yang tidak benar. Kalau mau bikin berita itu berita yang punya dasarnya, jangan membuat berita tidak ada dasarnya yang membuat kegelisahan, tentu kita akan bertindak,” tutur dia.

** Ekspresi wajah Joko Widodo @Jokowi yang sering dibuat Meme (twitter.com  @meimeilika)

“Tidak asal memberikan komentar-komentar yang tidak bertanggung jawab. Kalau kau bertanggung jawab, kau juga harus siap ditindak,” kata Luhut.

 

Beberapa Meme Legendaris BUKAN Jokowi

Kata yang dibaca Mim ini adalah sebuah fenomena Internet atau dunia maya yang masih terus berkembang. Tujuan Meme sendiri sebenarnya beragam namun lebih dominan untuk menghibur.
Meme bisa dikatakan sebagai sebuah seni modern, dimana orinsil dari dunia maya dan hanya dimainkan melalui media elektronik. Memang terkadang ada sedikit meme yang dapat dimainkan secara materi dunia nyata namun lebih mengena ketika ditampilkan oleh media eletronik, dikutip dari Sejarah dan Pengertian Meme di Internet.

Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Yang sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama ‘Rape Rodent’. Kini, Ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan.

 

 

 

Gambar diatas pertamakalinya dibuat di MS Paint oleh user bernama Whyne di 4chan yang diupload pada 19 September 2008. Whyne menggunakan gambar ini untuk membuat komiknya yang bernama “Rape Rodent” 

Fungsi

  • Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain.
  • Menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme)
  • Karena tidak semua ‘troll’ (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula ‘failed-troll face’ yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili.

 


“You Don’t Say?” adalah cuplikan dari wajah Nicholas Cage dalam filmnya yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, ditunjukkan bahwa Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics

 

 

Fungsi 

  • Meme “You Don’t Say” sendiri berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap:
  • Pernyataan lazim yang bahkan nenek-nek ngupil pun pasti tau.
  • Pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.

Istilah Meme Menurut Wikipedia

Internet meme (/iconˈmm/; meem)[1] adalah sesuatu yang menjadi terkenal melalui internet[2], seperti gambar, video, atau bahkan orang. Internet meme biasanya tercipta saat seseorang membuat atau mengunggah sesuatu di internet, dan menyebar secara luas. Kata meme dicetuskan oleh Richard Dawkins tahun 1976 melalui bukunya yang berjudul The Selfish Gene.[1]

(in)

 

%d blogger menyukai ini: