Sketsa News
Home Berita Terkini, News Website Teroris Menjamur, Ini Cirinya

Website Teroris Menjamur, Ini Cirinya

Sketsanews.com – Mantan anggota jaringan Islam Radikal Jamaah Islamiah, Ustad Abdurrahman Ayyub, meminta anak muda mewaspadai situs-situs berkonten terorisme.

“Ciri-cirinya situs itu mengatasnamakan Islam tapi mudah mengafirkan orang. Lalu mengajarkan kekerasan dan kebencian pada sesama umat beragama,” ujar Ustad Ayyub dalam Dialog Peran Generasi Muda dalam Pencegahan Terorisme, di Jogja Expo Center, Yogyakarta, Rabu (28/10/2015),dikutip Metrotvnews.com

website (ilustrasi)
website (ilustrasi)

Pemblokiran sejumlah situs yang dianggap menyebarkan paham teroris tidaklah cukup. Sebab, kata dia, para teroris seperti yang tergabung di ISIS punya banyak nama yang tidak diketahui semua orang.

“Diblokir satu akan muncul lagi dengan nama lain yang tidak disadari menjadi bagian dari ISIS. Misalnya ISIS sekarang punya nama lain seperti Junnud khilafah di Poso,” kata dia.

Menurutnya, pemuda perlu diberi pembekalan ajaran agama yang benar untuk menangkal situs-situs negatif ini. “Pemuda perlu dijelaskan nama-nama kelompok jaringan ISIS apa saja. Lalu jelaskan mana situs yang bermuatan teroris dan mana yang tidak. Semua itu bisa dijelaskan dengan pendekatan personal keagamaan oleh orang tua, pengajar agama dan guru di sekolah,” kata dia.

Sementara itu, mantan anggota jaringan teroris, Nasir Abbas, menyarankan pemerintah untuk menginventarisasi situs-situs teroris. “Tulis nama-namanya dan tempel warning di warnet, dilarang mengakses situs ini. Tulisan itu disebar ke seluruh Indonesia untuk pegangan anak-anak di warnet,” kata Nasir.

Dialog pemuda bersama para mantan anggota terorisme juga perlu diadakan agar mereka bisa menjelaskan upaya pencegahannya. “Agar tak ada korban lain yang terjebak dan masuk jadi anggota,” kata dia.(Ki)

%d blogger menyukai ini: