Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Opini Aneh : Berdalil Kota Injil Warga Manokwari Tolak Masjid Rahmatan Lil Alamin

Aneh : Berdalil Kota Injil Warga Manokwari Tolak Masjid Rahmatan Lil Alamin

Sketsanews.com – Aktivis pendukung/anti toleransi pusing, hanya dengan alasan Manokwari Kota Injil, warga demo menolak pembangunan masjid. Padahal berdasar data yang dihimpun dari DPP FPI, Masjid Rahmatan lil Alamin sudah penuhi semua syarat perundangan, termasuk PB 2 Menteri.

** Demo Warga Manokwari Tolak Masjid (twitter.com)
Masjid yg mereka tolak adl Masjid Rahmatan lil Alamin di Andai, Manokwari, Papua. Alasannya, Manokwari kota Injil.

Dari laman Kompas, ribuan orang dari berbagai denominasi Gereja Kristen Injili di Manokwari, Papua Barat, Kamis (29/10/2015), melakukan demonstrasi di depan kantor bupati.

 

Alasan penolakan pembangunan masjid di Manokwari

Menurut para pendemo, pendirian masjid di kawasan Andai, selain belum mengantongi izin mendirikan bangunan (IMB), pendirian rumah ibadah tersebut dianggap mencederai kerukunan umat beragama di Manokwari.

Sebab lokasi yang akan dibangun masjid adalah tempat kali pertama agama Kristen masuk ke Papua.

** Tim khusus gerakan berkabung umat kristiani di Manokwari (twitter.com)

“Penolakan pembangunan masjid ini, bukan berarti kami membenci saudara saudari kami yang beragama Islam, tapi kami ingin supaya ada penghargaan terhadap Manokwari sebagai pusat peradaban orang Papua dan pusat pekabaran Injil di Tanah Papua,” ungkap salah satu pendemo, dikutip dari Kompas.

 

Bupati memutuskan penghentian pembangunan masjid di Manokwari

Ketegangan mereda, setelah bupati Dr. BASTIAN SALABAI, S.Th, M.A, M.Th memutuskan untuk menghentikan pembangunan rumah ibadah tersebut. Bupati juga segera mengomunikasikan hal ini bersama umat Muslim di Manokwari.

 

 

** Kelompok Kristen radikal menolak pembangunan masjid dgn dalih Manokwari Kota Injil.
Padahal izin sdh lengkap. @DPP_FPI

 

Harapan dari Pemkab Manokwari Jauh dari realitas

Kemenag Kabupaten Manokwari Serukan Peningkatan Kerukunan Beragama di Manokwari, Pemerintah Kabupaten Manokwari sendiri telah yakin dan terus optimis jika hal ini bisa dilakukan dan tercapai. Manokwari juga akan tetap aman dan nyaman bagi semua orang lintas suku, lintas agama dan juga lintas budaya. Diharapkan Manokwari akan terus menjadi daerah yang dalam sejahtera, religius dan juga tetap menjunjung tinggi martabatnya. Dikutip dari Manokwarikab.go.id

Laman Situs Resmi Provinsi Papua Barat dan Portal Resmi Kabupaten Manokwari ternyata tidak uptodate, sehingga sulit memperoleh informasi resmi dari kedua laman tersebut.

 

Komentar Netizen

  • Alasan Penolakan Pembangunan Masjid di Manokwari BUKAN karena Ijin. Alasan Ini Bikin Pusing Aktifis Toleransi @MustofaNahra
  • Sebanyak 10 truk kawan-kawan Muslim yang ingin bantu amankan Masjid ditahan pihak keamanan. Mereka dilarang masuk Manokwari oleh aparat. Alhamdulillah, demo sdh berakhir. Situasi beransur kondusif. Terima kasih kpd aparat yg sigap mengamankan Masjid. @DPP_FPI

(in)

%d blogger menyukai ini: