Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Opini Bermalam di Pulau Asap, Netizen sebut Jokowi Ulil Amri?

Bermalam di Pulau Asap, Netizen sebut Jokowi Ulil Amri?

Sketsanews.com – Dibalik riuhnya mahasiswa yang demo #sidangrakyat, dari 28 Oktober hingga kini, Presiden Joko Widodo, @jokowi bergiming, langsung terbang ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan mulai Kamis (29/10/2015), dari AS.

** persiapan pasukan aliansi menuju istana negara

** Fadli Zon : Sore tadi, saya menerima para demonstran yg mengkritisi pemerintahan Jokowi di depan gerbang utama @DPR_RI  | @fadlizon

 

 

Sebelumnya, Presiden dan rombongan bertolak dan mengakhiri kunjungan di AS dari Andrews Air Force Base Maryland, Washington DC, Amerika Serikat. Sesampainya di Tanah Air, Presiden Jokowi akan langsung berkantor di wilayah-wilayah yang terdampak bencana asap sampai tiga hari.

** Jokowi Bertemu Obama | @voaindonesia

Presiden Jokowi mengunjungi Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Palembang, Kamis (29/10). Dalam kunjungan tersebut, Jokowi membagikan Kartu Indonesia Sehat, buku, beras dan santunan kematian untuk korban kabut asap.

Tujuan Presiden berkantor di Kantor Bupati OKI, menurut Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, selain untuk mengerjakan tugas-tugas kenegaraan, juga untuk memastikan penanganan pemadaman kebakaran hutan dan lahan berjalan semakin efektif dan penanganan warga yang terdampak kabut asap, terutama pelayanan tanggap darurat di bidang kesehatan, pendidikan serta bantuan sosial berjalan dengan baik.

Selain itu, Presiden juga ingin mengetahui langkah-langkah preventif yang telah dilakukan dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan, serta upaya penegakan hukum terhadap pembakar lahan dan hutan, termasuk perusahaan yang terlibat.

** Jokowi pindah kantor untuk memastikan penanganan kabut asap berjalan efektif. | @BeritagarID

Kedatangan Jokowi ke lokasi bencana asap dianggap netizen sebagai representasi dari sikap yang benar dari pemimpin, yang dalam Islam diistilahkan dengan Ulil Amri. berikut salah satu ciutan @MustofaNahra : Subhanallah…. Ulil Amri bener ini.

Pembicaraan Ulil Amri menjadi panas, ada kalangan yang menyatakan bahwa setiap yang memiliki wilayah disebut ulil amri meskipun tidak menerapkan hukum Allah.

Jika terminologi ini yang digunakan maka Belanda yang menjajah bumi Indonesia kurang lebih tiga ratus lima puluh  (350) tahun adalah ulil amri. Belum lagi Portugal dan Jepang yang juga sama-sama pernah menjajah bumi Indonesia. Hal ini dikarenakan dalam kurun waktu tersebut merekalah yang memiliki dan menguasai bumi Indonesia.

Ulil amri adalah istilah Islam yang memiliki definisi dan konsekuensi yang telah definitif, hingga muncul tweet : ULIL AMRI Yang Benar. Berdasar hasil pencarian artikel yang berkaitan dengan ulil amri menurut Al-Qur’an  yang di kumpulkan di  atau lebih lengkap dilink ini goo.gl/OCtbtr.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: