Sketsa News
Home Berita Terkini, News Dagelan Baru : DPR Pimpin Sidang Pake Masker

Dagelan Baru : DPR Pimpin Sidang Pake Masker

Sketsanews.com –  Solidaritas DPR RI terhadap korban bencana asap dinilai terlambat, sehingga ketika lima pimpinan DPR RI mengenakan masker dalam rapat paripurna, di Jakarta, Jumat pagi, sebagai wujud solidaritas kepada korban bencana asap, dianggap sebagai dagelan politik.

“Mari kita kenakan masker sebagai bentuk solidaritas kepada korban asap,” ajak Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi PAN Taufik Kurniawan kepada anggota DPR, dilansir Antara.

*** Pakai Masker di Sidang Paripurna, Pengamat: DPR Bisa Dianggap Tertawakan Korban Asap (twitter.com)

Kontan saja hujan interupsi mengalir deras. “Tolong dilepaskan dulu pimpinan,” ujar salah satu anggota Dewan.

Meskipun demikian, pimpinan DPR yang terdiri dari Setya Novanto, Taufik Kurniawan, Agus Hermanto, Fahri Hamzah dan Fadli Zon tetap mengenakan masker tersebut, termasuk ketika menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, yang lagi-lagi memicu kritikan anggota lainnya.

“Pelanggaran itu, menyanyikan lagu Indonesia Raya tidak boleh mulut tertutup,” kata seorang anggota lainnya.  “Ada pimpinan yang pakai masker. Apakah anda sudah pernah turun langsung? Jangan cuma simbol-simbol,” ujar anggota lainnya lagi.

“Sikap yang ditujukan pimpinan DPR hari ini dalam rapat paripurna DPR dengan memakai masker dan bahkan memerintahkan seluruh anggota DPR memakai masker dan salat Istiqo dianggap gagal pikir,” kata anggota Fraksui PDI Perjuangan Tubagus Hasanuddin dalam keterangan tertulis kepada Metrotvnews.com, Jumat (30/10/2015).

“Menurut saya, ini yang gagal pikir. Mestinya, sebagai anggota DPR yang memiliki kewenangan legislasi dan budgeting melakukan upaya nyata sesuai kewenangan, misalnya mendorong penambahan anggaran untuk kabupaten yang kena asap terutama untuk biaya pemadaman dan biaya pengobatan rakyat,” sebut dia.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat itu menyebut, memakai masker saat sidang bukan tindakan riil yang dibutuhkan rakyat. “Hanya jadi bahan ketawaan mereka yang benar-benar sesak napas,” imbuh dia.

Senada dengan Hasanuddin, Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G. Plate menyebut, aksi dua pimpinan DPR sebagai dagelan. “Menjadi sangat lucu dan aneh ketika ratusan ribu rakyat sedang melawan asap, pimpinan DPR membawa masalah itu menjadi ‘dagelan’ politik ke sini,” ujar Johnny.

(in)

%d blogger menyukai ini: