Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Stop Posting di Facebook, Periksa Keamanannya Dulu

Stop Posting di Facebook, Periksa Keamanannya Dulu

Sketsanews.com – facebook meluncurkan sebuah fungsi pencarian terbaru belum lama ini. Layanan tersebut adalah Search FYI.‎ Namun, fitur teranyar ini dinilai memicu kekhawatiran bagi para pengguna.

Melalui keterangan tertulis kepada JawaPos.com, Kaspersky Lab memaparkan bahwa setiap posting yang tayang sebagai public pada Facebook dapat dicari dan ditemukan oleh seluruh pengguna media jejaring pertemanan itu. Padahal tidak semua pengguna menginginkan beberapa posting public milik mereka dapat ditemukan melalui fitur Search FYI.
8806_26324_facebook----ok
Perusahaan yang bergerak dibidang keamanan IT itu menyadari layanan Search FYI memang canggih secara teori. “Namun seperti yang sering terjadi dengan kemajuan teknologi Facebook, ada kemungkinan beberapa implikasi negatif,” tulis Kaspersky Lab dalam siaran persnya, Jumat (30/10).

Serupa dengan mesin pencari Google, Facebook Search FYI mengurutkan setiap posting supaya memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian. Yang menjadi kekhawatiran adalah bahwa setiap posting yang di-upload sebagai public dapat dicari dan ditemukan oleh seluruh pengguna Facebook.

Bagi orang-orang yang telah menjadi pengguna sejak dari awal mula Facebook berdiri, postingan terdahulu mungkin sudah tidak ingin public sekarang. Namun, postingan terdahulu itu dapat ditemukan melalui Search FYI.

Untuk itu, Kaspersky Lab menyarankan agar pengguna melakukan pembatasan pada pengaturan privasi sebanyak yang Anda bisa. Ini berarti Anda hanya akan berhubungan dengan orang-orang yang Anda kenal saja dan membatasi jangkauan bagi orang-orang tertentu saja yang dapat melihat posting Anda.

Perlu diketahui, satu-satunya orang yang benar-benar memperoleh keuntungan dari jenis posting seperti ini adalah pemegang saham dari jejaring sosial karena hal ini akan masuk ke dalam pengumpulan data yang mereka lakukan. Jadi tunda dulu apa yang Anda akan posting di Facebook dan periksalah pengaturan keamanan Anda sekarang.(Ki)

%d blogger menyukai ini: