Sketsa News
Home Berita Terkini, News Sinabung Meletus, Awan Panas Hingga 3,5 Km

Sinabung Meletus, Awan Panas Hingga 3,5 Km

Sketsanews.com – Gunung Sinabung yang terletak di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara, memuncak memuntahkan awan panas pada pukul 14.17 pada Sabtu (31/10/2015).

Nugraha Harta Dinata, Tim Pengamat Gunung Sinabung mengatakan, guguran awan panas mengarah ke selatan dan tenggara dengan jarak luncur sejauh 3,5 Km ke arah tenggara-timur dan ke selatan sejauh 2 Km dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 4 Km.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara dengan puncak 2.451 meter, meletus dan mengeluarkan awan panas sejauh 3,5 Km. tanggal 4 Januari 2014 terjadi rentetan kegempaan, letusan, dan luncuran awan panas terus-menerus sampai hari berikutnya. Hal ini memaksa tambahan warga untuk mengungsi, hingga melebihi 20 ribu orang, Wikipedia | @liputan6dotcom

Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat awan panas guguran Sinabung mengalami peningkatan sejak 2 hari terakhir, awan panas yang terjadi pukul 14.15 WIB merupakan awan panas guguran dengan jarak luncur tertinggi dan terjauh sejak satu minggu terakhir.

“Tingginya kolom abu terlihat dari Kota Berastagi yang berjarak 15 Kilometer dari puncak gunung api Sinabung,” kata Nugraha, dikutip dari Liputan6.

Saksi mata yang sedang berwisata di puncak Gundaling, Karo mengatakan, “Saat kami sampai di sini, terdengar bunyi yang mengejutkan, dan kami lihat ke gunung sana dan gunung itu bereaksi yang mengeluarkan asap gelap.”

 

(in)

%d blogger menyukai ini: