Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News, Video Beredar Video Klaim ISIS Menembak Jatuh Airbus A-321 Rusia yang Tewaskan 220 Penumpang

Beredar Video Klaim ISIS Menembak Jatuh Airbus A-321 Rusia yang Tewaskan 220 Penumpang

Sketsanews.com – Sebuah rekaman video dari youtube yang diunggap oleh media Orient News pada Sabtu (31/10/2015), memperlihatkan gambar pesawat yang tertembak jatuh yang diklaim sebagai bidikan dari ISIS.

Sebuah pesan di twitter beredar : “Para pejuang Negara Islam (ISIS) mampu jatuh sebuah pesawat Rusia atas provinsi Sinai yang membawa lebih dari 220 tentara salib Rusia. Mereka semua tewas, terima kasih kepada Allah.”

Pernyataan ISIS selanjutnya : “Anda harus tahu, Rusia dan sekutu Anda, bahwa Anda tidak memiliki keamanan di tanah Muslim atau wilayah udaranya … Pembunuhan harian puluhan orang tak berdosa di Suriah oleh pemboman udara Anda akan membawa atasmu bencana … Sama seperti Anda membunuh, sehingga Anda akan dibunuh … ,” dikutip dari media Debka.

Klaim ISIS ini langsung mendapat tanggapan dari Menteri Transportasi Rusia, Maxim Solokov. Kepada kantor berita Interfax, Solokov menyatakan bahwa pesawat Rusia jatuh akibat serangan teroris “tidak bisa dianggap akurat”.

“Kini di beberapa media, ada yang memberikan informasi bahwa pesawat penumpang Rusia … ditembak jatuh dengan misil anti pesawat terbang yang ditembakkan teroris. Informas ini tidak bisa dianggap akurat,” kata Solokov dikutip dari CNN.

Investigasi yang masih berlanjut hingga kini, belum menemukan bukti akibat jatuhnya pesawat Airbus A321 yang beroperasi sejak tahun 1994, walaupun pada awalnya ada yang mengatakan akibat kesalahan teknis.

“Sebelum ada bukti kuat tentang kondisi yang menyebabkan kecelakaan ini, tak ada alasan untuk menyimpulkan dan mendiskusikan berbagai versi penyebab kecelakaan,” demikian pernyataan Badan Regulasi Penerbangan Rusia, Rosaviatsia.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: