Sketsa News
Home News, Tekno-Sains Terkuak, Modus Phising Malware di Email, 6 WNA Bobol Bank

Terkuak, Modus Phising Malware di Email, 6 WNA Bobol Bank

Sketsanews.com – Warganegara Rusia, Latvia, Libya, dan Italia yang melakukan penipuan dengan membobol bank telah ditangkap oleh Aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Penangkapan berawal dari hasil investigasi 6 pelaku pemalsuan dokumen izin tinggal di Indonesia. Pemalsuan dokumen  tersebut digunakan untuk membuat rekening di beberapa bank di Jakarta.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Krishna Murti mengatakan modus yang digunakan adalah phishing malware. Mereka menipu orang yang mempunyai rekening dengan cara mengirimkan virus malware pada web atau email kepada para customernya.

“Selama 3 minggu melakukan rangkaian kegiatan pengungkapan kasus. 3 Minggu adalah proses penangkapan dan penyelidikannya total 1 bulan yang rekan-rekan sering dengar dengan phising malware. Ada Rusia, Latvia, Libya, dan Italia. Mereka melakukan kejahatan di Indonesia dengan modus upaya penipuan. Intinya pencurian,” ujar Kombes Pol Krishna Murti di Ruang Dit Reskrimum, Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (31/10/2015) dikutip dari laman HumasPoldaMetroJaya.

“Ketika customer menghimpun data mereka termasuk account dan pin, rahasia-rahasia mereka tersedot oleh para pelaku. Para pelaku mempunyai akses masuk untuk ke web, ke account nasabah dan mencuri. Ini sistem yang dikembangkan dari luar negeri. Ibunya dari Eropa Timur,” lanjutnya.

 

Berikut Daftar Nama 6 WNA yang ditangkap beserta barang buktinya

1. AS alias AN, warga negara Rusia, ditangkap pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015 sekitar jam 16.00 WIB di kawasan Jakarta Selatan.

2. AK warga negara Rusia, ditangkap pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015 sekitar jam 17.00 WIB di kawasan Jakarta Selatan.

3. MOS alias Ahmed Iunusov warga negara Libya, ditangkap pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015 sekitar jam 15.00 WIB di kawasan Jakarta Pusat.

4. RC alias Albert Romulus warga negara Italia, ditangkap pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015 sekitar jam 16.00 WIB di kawasan Jakarta Timur.

5. IS alias Polaks Guntars alias Kristers Ivars warga negara Latvia, ditangkap pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015 sekitar jam 20.00 WIB di kawasan Jakarta Selatan.

6. AN alias Linnik Nikolas alias Iljins Julian warga negara Latvia, ditangkap pada hari Rabu tanggal 21 Oktober 2015 sekitar jam 18.00 WIB di kawasan Jakarta Selatan.

“Barang-barang yang disita antara lain, pasport, blackberry, alat komunikasi, ATM, Surat Tanda Lapor Diri (STLD), hardisk eksternal, buku tabungan, mesin penghitung uang, dan alat pemotong kartu,” Krishna menambahkan.

 

Phising dari Wikipedia

Dalam komputer, pengelabuan (Inggris: phishing) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan. Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing (‘memancing’), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: