Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Forensik Bulu Kemaluan, Ungkap Pemerkosa dan Pembunuh Siswi Cantik SMA 1 Batam Dian Milenia

Forensik Bulu Kemaluan, Ungkap Pemerkosa dan Pembunuh Siswi Cantik SMA 1 Batam Dian Milenia

Sketsanews.com – Forensik kepolisian lewat bulu kemaluan yang tertinggal ditubuh korban ungkap pemerkosa dan pembunuhan siswi SMA1 Batam, Dian Milenia Trisna Afiefa alias Nia (16). Nia sendiri dilaporkan hilang pada Sabtu 26 September 2015. Mayatnya ditemukan Minggu pagi 27 September 2015 di hutan Seiladi dengan kondisi tanpa busana.

Terduga pelaku pembunuh siswi SMAN 1 Batam itu ditangkap di kediamannya diTaman Pesona Indah Batuaji, Batam, Kepri. Penangkapan tersebut berawal dari rambut kemaluan pelaku yang tinggal di tubuh Nia. Rambut kemaluan itulah yang jadi barang bukti dan petunjuk polisi untuk menangkap terduga pelaku Wardiaman Zebua (WZ), Kamis (29/10) malam.

Wardiaman Zebua Tersangka Pembunuhan Dian Milenia Trisna Afiefa (16). Siswi SMAN 1 Batam Yang ditemukan tewas di hutan dam Sei Ladi | Twitter @Rudi_Soesanto [Foto yang sama di Facebook]
Rambut kemaluan pelaku ditemukan oleh tim forensik gabungan dari Polda Sumut, Polda Metro Jaya, hingga tim DVI Mabes Polri. Rambut kemaluan itu kemudian diuji laboratorium DNA-nya dan hasilnya ada kecocokan dengan DNA terduga pelaku.

Kerja keras kepolisian dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya, mengamankan setiap orang yang dicurigai. Mereka yang dicurigai ada yang terjaring saat razia kendaraan bermotor, ada juga yang diamankan di tempat-tempat tertentu. Acuannya barang bukti dan ciri-ciri pelaku yang mirip dengan yang disampaikan beberapa saksi.

Bahkan, tidak sekadar mengamankan, tapi juga mengambil sampel biologisnya. Mulai dari kuku, rambut kemaluan, darah, hingga sampel biologis lainnya yang bisa diuji DNA-nya di laboratorium.

“Jadi bukan hanya WZ yang kita uji DNA-nya, setiap yang dicurigai juga diambil sampel biologisnya untuk tes DNA,” ujar Kapolres Barelang, Kombes Asep Safrudin.

Dari sekian banyak sampel DNA yang diuji di laboratorium Mabes Polri, DNA yang cocok dengan DNA bulu kemaluan yang tertinggal di area vital Nia ternyata DNA Wardiaman.

“Jadi kami benar-benar bekerja keras sebulan terakhir ini untuk mengungkap pelakunya,” tegas Asep, dilansir Batampos.

 

Dari Kesamaan Pola, Mungkinkah Wardiaman Zebua juga pelaku pembunuhan Anggi dan Chintya Wanita Cantik dari Batam?

Meski sudah mengumpulkan 74 item bukti terkait pembunuhan Dian Milenia Trisna Afiefa alian Nia, polisi masih terus mencari bukti-bukti baru. Sabtu (31/10/2015) lalu polisi kembali menggeledah rumah Wardiaman Zebua, tersangka tunggal pembunuh Nia.

Tampak polisi keluar sambil menenteng beberapa item barang yang dimasukkan dalam kantong. Penggeledahan ini juga menyita perhatian warga di Perumahan Taman Pesona Indah (TPI) Batuaji. Mereka berdatangan namun tidak boleh mendekat.

”Barang bukti ini nanti akan dicocokan. Apakah ada hubungannya dengan perbuatan tersangka,” ujar Kombes Asep Safrudin, kapolres Barelang.

Perbuatan tersangka yang dimaksudkan Asep tidak hanya terkait dengan pembunuhan Nia, tapi termasuk kemungkinan barang bukti baik fisik maupun bilogis yang bisa jadi ada kaitannya dengan kematian dua wanita muda sebelum Nia, yakni Anggi dan Chintya.

Wardiaman memang termasuk yang paling dicurigai dalam kasus pembunuhan tiga wanita muda itu di Batam. Apalagi ada kesamaan pola luka.

“Iya, WZ (Wardiaman Zebua) masih sebagai tersangka tunggal. Kita masih terus dalami kemungkinan-kemungkinan lain,” ujar Asep, Sabtu (31/10/2015) dikutip dari Batampos.

Asep juga mengatakan, saat ini motif pembunuhan Nia juga masih terus didalami.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: