Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Kelompok Radikal Serang Penerbit Buku Sekuler

Kelompok Radikal Serang Penerbit Buku Sekuler

Sketsanews.com – Kelompok militan diduga melakukan serangan terhadap sebuah penerbit buku beraliran sekuler di Bangladesh pada Sabtu 31 Oktober malam waktu setempat. Seorang pegawai penerbitan bernama Faisal Arefin Dipon tewas dikantornya dengan luka sayatan di leher.

Faisal Arefin Dipon tewas dengan luka sayatan di leher oleh kelompok militan (Foto: BBC)
Faisal Arefin Dipon tewas dengan luka sayatan di leher oleh kelompok militan (Foto: BBC)

“Saya melihat mayat Faisal tertelungkup dan bersimbah darah. Lehernya telah disayat,” ujar Abul Kashem Fazlul Haq, ayah Faisal Arefin Dipon, seperti dilaporkan BBC, Minggu (1/11/2015).

Sebelum menyerang kantor penerbitan Jagiti Prokashoni dan membunuh Faisal, kelompok Militan menyerang kantor penerbit lainnya. Seorang penerbit bernama Ahmedur Rashid Tutul menderita luka tusukan dalam serangan tersebut. Dua orang penulis yang sedang bersama Rashid Tutul turut menjadi korban.

Ketiganya disekap dalam sebuah ruangan, setelah ditusuk. Polisi berhasil membebaskan ketiganya dan membawa mereka ke rumah sakit setempat. Namun, kelompok militan tersebut berhasil kabur. Seorang dari ketiga korban berada dalam kondisi kritis.

Ansar Al Islam, kelompok militan yang berafiliasi dengan Al Qaeda mengklaim bertanggung jawab atas serang tersebut lewat sebuah pesan online . Sasaran serangan kelompok militan itu adalah para penerbit dan penulis beraliran sekuler.

Sebelumnya, serangkaian serangan dari kelompok militan di Bangladesh dimulai pada Februari 2015. Seorang blogger bernama Avijit Roy tewas dibunuh. Roy yang merupakan seorang warga Amerika Serikat (AS) yang tinggal di Bangladesh dikenal sering mengkritik kelompok radikal Islam dalam blog pribadinya.

Pada akhir September 2015, seorang relawan asal Italia bernama Tavella Cesare tewas ditembak . Seorang warga asing lainnya bernama Hoshio Kunio juga tewas ditembak pada awal Oktober.(Ki)

%d blogger menyukai ini: