Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Kronologi dan Daftar Nama Buronan yang kabur dari Lapas Deliserdang Sumut

Kronologi dan Daftar Nama Buronan yang kabur dari Lapas Deliserdang Sumut

Sketsanews.com – Daftar buron segera dirilis saat 14 narapidana berbagai kasus kejahatan melarikan diri aka kabur dari Cabang Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pancur Batu, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut), pada pukul 08.45 WIB, Minggu (1/11/2015).

“Tahanan yang kabur masih dalam pengejaran,” kata Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Helfi Assegaf saat dikonfirmasi.

 

 

Kronologi Kejadian Kaburnya 14 narapidana di Lapas Pancur Batu, Deliserdang, Sumatera Utara

Dihimpun dari media WaspadaKronologi kejadian berawal saat makanan tahanan akan dimasukkan ke dalam rutan. Saat bersamaan ada kegiatan rutin agama Kristen untuk beribadah.

Waktu itu, sebagian tahanan keluar untuk mengikuti kebaktian. Para sipir pun melansir makanan tersebut dan makanan yang belum terangkat diletakkan di pintu dua. Kemudian, petugas membawa makanan ke dapur. Namun, petugas tidak sempat mengunci pintu dua karena disanala makanan diletakkan. Melihat pintu dua terbuka, para tahanan yang berjalan di sekeliling pintu dua dan  berjumlah sekitar 50 orang langsung merengsek masuk ke pintu yang tidak terkunci.

Para sipir yang melihat itu langsung mengejar tahanan namun tahanan tetap ngotot untuk keluar. Akhirnya, petugas bergumul. Keributan terjadi, komandan jaga langsung mengamankan pintu satu karena bila sempat terbuka, maka tahanan langsung berada di luar gedung. Kegaduan terjadi, para sipir berusaha terus menghalau tahanan yang terus mendesak keluar. Kalah jumlah, tahanan berhasil mengambil kunci dari sipir bernama Jefri Ginting.

Bukan itu saja, Tahanan memukulinya dan menyiram air panas yang berada di sekitar lokasi. Setelah berhasil mengambil kunci, akhirnya tahanan kabur ke arah jalan besar Jamin Ginting. Saat bersamaan, salah seorang tahanan yang hendak kabur bernama Joko Purwanto berhasil ditangkap di sekitar pintu rutan.

Karyono (45) selaku Kacab Rutan Pancur batu menjelaskan saat itu, petugas sipir yang menjaga pintu satu dan dua hanya 4 orang. Termasuk sipir yang menjadi korban masing-masing Jefri Ginting dan Jupiter Purba. Karena kalah jumlah, akhirnya, 14 tahanan berhasil kabur. Kemudian, petugas melakukan pengejaran. ” 14 berhasil kabur dan kita masih melakukan pengejaran,” tuturnya kepada wartawan.

Kapolresta Medan, Kombes Mardiaz Kusin didampingi Kasat Reskrim Kompol Aldi Subartono yang datang ke rutan mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran bersama pihak rutan. Selain itu, seluruh penjuru kota Medan sedang disisir untuk menangkap tahanan yang kabur. “Kita melakukan pengejaran. Seluruhnya tahanan Polresta namun, sudah P 22 artinya sudah dilimpahkan ke Jaksa,” tandasnya saat meninjau rutan.

 

 

*** Ilustrasi | @NET_CJ

 

Berikut Daftar Nama Buronan yang kabur dari penjara Rutan Pancur Batu, Deliserdang, Sumatera Utara

1. Willy Tandi (22) warga Jalan Kelurahan Titi Kuning, Medan

2. Imbron (25) warga Kecamatan Medan Sunggal, Medan

3. M Gunawan (22) warga Kecamatan Percut Sei Tuan

4. Sudarmanto (22) warga Kecamatan Namorambe

5. Tendang Banurea (38) warga Kecamatan Sibolangit, Deliserdang

6. Taufik (35) warga Kecamatan Medan Selayang, Medan

7. Junaidi (41) warga Kecamatan Sunggal

8. M Iqbal (19) warga Kecamatan Banda Sakti, Aceh Utara

9. Andri Syahputra (19) warga Kecamatan Sunggal

10. Deni Saputra (30) warga Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia

11. Asin (19) warga Tanjung Balai

12. Chandra Gunawan (30) warga Kecamatan Sunggal

13. Suprianto (35) warga Kecamatan Binjai Timur

14. Junaidi (31) warga Kecamatan Sunggal

Data daftar nama buronan diatas dihimpun dari Detik.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: