Sketsa News
Home Berita Terkini, News Test Cairan Furio, PT Dalzon Tebar Asap Beracun di Cikarang Bekasi, Korban 71 ++

Test Cairan Furio, PT Dalzon Tebar Asap Beracun di Cikarang Bekasi, Korban 71 ++

Sketsanews.com – Mesin produksi penghasil pestisida PT Dalzon yang rusak dan diperbaiki ternyata menebar maut. Asap yang dihasilkannya terkontaminasi dengan racun yang bikin sesak rumah sakit setempat. Setidaknya hingga berita ini diturunkan (3 November 2015 Pukul 15:05 WIB), korban mencapai 71 orang, update korban dari UrbanCikarang.

Warga Kp. Bangkong Reang Keracunan, Polisi Periksa 4 Orang Saksi | @_radioannisa

 

Warga Kampung Bangkong Reang, RT 1 RW 3, Desa Wangunharja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi berbondong-bondong ke Rumah Sakit Mitra Keluarga Cikarang dan Rumah Sakit Medirossa. Mereka periksa karena menderita mual dan pusing, akibat pabrik pestisida tersebut mengeluarkan bau yang menyengat yang dilakukan PT. Dalzon Chemicals Indonesia.

“Ada 51 orang menjadi korban keracunan,” kata Kepala Kepolisian Resor Kota Bekasi Komisaris Besar Awal Chairudin, Senin, 2 November 2015, dikutip dari Tempo.

 

Kronologi Asap Beracun PT. Dalzon Chemicals Indonesia

Menurut Kapolres Kota Bekasi, Kombes Awal Chairudin, Senin (2/10), sebanyak 51 orang keracunan asap pabrik yang memproduksi pestisida, insektisida, herbisida, fungisida, furmolator, dan agro kimia itu. Kejadian bermula saat pihak perusahaan ingin mencoba mesin yang baru saja diperbaiki setelah rusak dua minggu yang lalu.

Mesin tersebut ternyata tidak bekerja dengan baik. Asap yang seharusnya keluar melalui cerobong atas malah berputar-putar di bawah. Akibatnya, asap mengepul dan menyebar ke lingkungan warga di sekitarnya, dikutip dari Tempo.

Sedangkan berdasarkan informasi dari HRD PT. Dalzon Chemicals Indonesia, Suhodo bagian produksi sedang melaksanakan pengetesan mesin yang rusak dengan menggunakan zat kimia merk Furio, kemudian sejam kemudian diketahui ada karyawan yang keracunan dan belakangan diketahui bahwa warga juga ikut keracunan dan beberapa hewan ternak seperti bebek dan kucing mati yang diduga keracunan dari asap yang keluar dari cerobong pabrik, dikutip dari UrbanCikarang.

Sampai saat ini Polresta Bekasi Kabupaten masih menyelidiki kejadian ini. PT. Dalzon Chemicals Indonesia adalah produsen agrokimia yang memproduksi bahan kimia untuk pertanian seperti produk pembasmi hama, penyakit tanaman dan lainnya yang berdiri pada tahun 2003.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: