Sketsa News
Home Berita Terkini, News Penipu di FJB Online Semarang, Setelah 50x Gasak Motor Tertangkap

Penipu di FJB Online Semarang, Setelah 50x Gasak Motor Tertangkap

Sketsanews.com  – Hati-hati saat kopdar paska deal di Forum Jual Beli Online. Oki Dita (29) sang penipu yang mengaku sebagai anggota TNI diringkus aparat Reskrim Polrestabes Semarang setelah terlibat penggelapan motor di puluhan lokasi.

Oki Dita (29) sang penipu yang mengaku sebagai anggota TNI diringkus aparat Reskrim Polrestabes Semarang setelah terlibat penggelapan motor di puluhan lokasi. | @kriminalitascom

Laman Kriminalitas mewartakan ihwal penipu Oki Dita alias Muhammad (29), warga Jomblang, Candi Sari, Semarang.

Salah seorang korban, Farhan Kusuma (17) mengatakan, mulanya pelaku pura-pura hendak membeli motor Kawasaki Ninja 250R miliknya, lewat situs jual beli di Internet. Setelah janjian, pelaku mendatangi rumah korban untuk melihat kondisi motor tersebut.

“Dia datang pakai motor Ninja 250R juga warna merah. Kemudian dia ingin mencoba motor saya, sekaligus ingin memfoto kopi BPKB dan STNK dengan alasan untuk dilisingkan,” ujar warga Plamongan Indah, Pedurungan itu.

Lantaran pelaku meninggalkan motor Ninja miliknya dan juga mengaku anggota TNI, korban pun tak menaruh curiga. Namun setelah ditunggu beberapa menit, pelaku tak kunjung kembali, dan berhasil membawa kabur motor korban lengkap dengan surat-suratnya.

Pelaku mengaku sudah melakukan aksi tersebut di sejumlah wilayah di Semarang sejak Juli 2015 lalu. Di antaranya di Ngaliyan, Mijen, Ngesrep, Mulawarman, Tlogosari, Sendangmulyo, Jangli.

“Saya juga sudah beberapa kali ambil motor Ninja seperti itu dengan modus yang sama. Namun selain di Pelamongan, hanya bawa kabur motornya, tanpa surat-surat. Motor Ninja yang saya tinggal di Plamongan itu juga hasil curian,” kata pelaku saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, Selasa (3/11).

Kapolrestabes Semarang, Kombes Burhanudin mengatakan, pelaku sudah melakukan aksi tersebut sebanyak 50 kali. Modusnya, menyamar jadi pembeli yang tertarik lewat situs jual beli online. Selain di TKP Plamongan, dia mengaku datang menggunakan ojek.

“Dia memang suka ambil motor jenis yang besar-besar, yang kemudian dijual lagi pada penadahnya. Selain Ninja, pelaku juga mengincar motor Honda CB 100 modifikasi, kemungkinan ini sudah dipesan oleh seseorang. Ini yang masih kita kembangkan,” tambahnya.

Bersama pelaku, turut diamankan 11 unit sepeda motor barang bukti, empat di antaranya motor sport Kawasaki Ninja 250R.

Waspadalah! Waspadalah! Waspadalah!

 

(in)

auto → en
location
%d blogger menyukai ini: