Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Ganjar Pranowo dan Keberpihakannya pada Rony Melaporkan Dugaan Money Politik Fadli Zon

Ganjar Pranowo dan Keberpihakannya pada Rony Melaporkan Dugaan Money Politik Fadli Zon

Sketsanews.com – Aktivis anti korupsi Semarang, Ronny Maryanto  ditetapkan sebagai tersangka atas laporan dugaan pencemaran nama baik Fadli Zon. Kriminalisasi yang dialami Ronny berpotensi mengebiri keberanian masyarakat untuk melaporkan pelanggaran pemilu. Jika kasus Ronny versus Fadli Zon dijadikan yurisprudensi hukum, dikhawatirkan bisa menimbulkan sikap apatis masyarakat terhadap pemilu.

 

Dituntut Pencemaran Nama Baik Oleh Fadli Zon, Ronny Maryanto Dibela Aktifis | ‏@PurwokertoKita 2 Nov 2015

 

Laman MeroSemarang mewartakan, dukungan terhadap Ronny Maryanto yang ditetapkan sebagai tersangka pencemaran nama baik terus mengalir. Tak hanya sesama aktivis, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga memberikan apresiasi atas langkah Ronny melaporkan dugaan money politic yang dilakukan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon pada Pemilu Legislatif 2014.

“Ronny sudah benar sebagai masyarakat dan pemantau pemilu melaporkan pelanggaran, tapi kok malah sekarang jadi tersangka. Ini potret negeri yang menunjukkan bahwa yang kecil biasanya kalah. Ini kalau jadi yurisprudensi hukum, bisa kacau,” kata Ganjar di Puri Gedeh, Rabu (4/11).

Menurut dia, kasus yang menjerat Ronny tersebut bisa membuat masyarakat jadi takut terlibat dalam pengawasan pemilu. “Masyarakat jadi takut terlibat dalam pengawasan pemilu dan pengawasan apapun di pemerintahan maupun pembangunan negeri ini,” imbuhnya.

Ganjar juga menyoroti keberadaan lembaga pengawas pemilu (panwas) dengan kewenangannya yang terbatas dan serba tanggung. Seperti diketahui, Fadli Zon dilaporkan membagi-bagikan sejumlah uang pada pedagang saat kampanye di Pasar Bulu. Dugaan itu dilaporkan Ronny ke Panwaslu Semarang. Namun Panwaslu menyatakan politik uang tidak terbukti

Pasar Bulu Semarang | @tugumudaSMG

“Sekali lagi menunjukkan ‎problem panwas selalu begitu. Ini lembaga gojak gajek, tidak bisa melakukan tindakan tepat dan cepat, kewenangannya sangat terbatas,” tutur politisi PDI Perjuangan ini.

Namun, Ganjar menilai keputusan panwas tidak final. Dia meminta agar Ronny bisa meminta pengadilan untuk mengorek kasus Fadli Zon. “Saya sarankan, Ronny paksa pengadilan buka lagi kasus Fadli. Panwas juga harus diperiksa, buka berita acara yang dulu. Di situ bisa ketahuan bahwa Ronny ternyata dizalimi,” tandasnya.

Sebelumnya, dukungan terhadap Ronny juga disampaikan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Semarang, Misbahul Munir. Pihaknya akan mempelajari BAP Ronny, sebelum menentukan  perlawanan hukum di pengadilan.

KP2KKN bukan sekedar membaca buku “Strategi Memberantas Korupsi” | @allaboutkpk

“Dia warga sipil biasa yang melihat money politik kemudian berinsiatif melaporkan ke Panwas. Perbuatan baik itu malah dilaporkan balik dengan perbuatan fitnah,” kata Munir saat jumpa pers di kantor KP2KKN Jateng beberapa hari lalu.

(in)

%d blogger menyukai ini: