Sketsa News
Home Berita Terkini, News Pesawat Batik Air Tergelincir di Adi Sucipto Yogyakarta

Pesawat Batik Air Tergelincir di Adi Sucipto Yogyakarta

Sketsanews.com –  Hujan deras, Pesawat Batik Air rute penerbangan Cengkareng-Yogyakarta dengan nomor penerbangan ID 6380 mengalami incident overshoot atau tergelincir dan keluar dari jalur landasan pada saat mendarat pukul 15.05 WIB (6/11/2015) di Bandara Adisucipto, Yogyakarta.

*** Hujan Deras, Pesawat Batik Air Tergelincir di Yogyakarta | @medanberita

Menurut keterangan salah satu saksi mata yang berhasil dihimpun Tribun Jogja, sebelum kejadian, kondisi cuaca memang hujan rapat tidak begitu deras, berlangsung sekitar 30 menit.

“Pesawat yang tergelincir diujung landasan, belok ke arah utara, rodanya patah, bagian hidung pesawat di tanah. Tadi pas evakuasi, para penumpang sempat terlihat melompat dari pesawat,” ujar salah satu sumber terpercaya yang enggan disebutkan namanya.

Adapun akibat kejadian ini, sejumlah penerbangan terpaksa dialihkan, dan bandara Adisucipto sementara ditutup.

Kabar tersebut dibenarkan General Affair and Communications Section Head PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adisucipto Yogyakarta, Edwin Wibiwo. Menurutnya, pesawat yang tergelincir tersebut memang Batik Air.

“Betul, ada pesawat tergelincir. Petugas kami sedang menuju ke lapangan,” kata dia, singkat

 

Cerita dari Penumpang Pesawat Batik Air

Salah satu penumpang Batik Air, Soni, mengatakan pesawat berangkat dari Jakarta pukul 14.05 WIB dan tiba di Bandara Adisutipto sekitar pukul 15.00 WIB. Awalnya pendaratan berjalan normal.

“Landingnya normal, biasa saja. Cuma ketika di ujung, rem kayak abis, sedangkan landasannya belum. Harusnya pesawat berhenti pelan-pelan tapi ini lanjut terus,” ucap Soni kepada detikcom, Jumat (6/11/2015).

Menurutnya, pilot lalu mengambil langkah banting kemudi ke kiri, ke lokasi yang berupa rumput dan aspal. “Agar penumpang selamat pilot ambil kiri, soalnya kalau lurus bisa nyemplung kali. Ujung landasan kan kali,” ucapnya.

Soni menuturkan, saat itu kondisi landasan bandara licin karena baru diguyur hujan. Hal ini mungkin saja menjadi penyebab  pesawat tergelincir.

“Landasannya becek habis ujan, Yogya kan landasannya pendek. Ketika landing jadi slip gitu,” ucapnya.

(in)

%d blogger menyukai ini: