Sketsa News
Home Berita Terkini, News Dari Asap ke Banjir, 500 Rumah Solok Terendam

Dari Asap ke Banjir, 500 Rumah Solok Terendam

Sketsanews.com – Musim hujan tiba, bencana banjir melanda, 500 rumah warga di Kabupaten Solok Selatan, gundah gulana. Daerah tersebut terendam banjir akibat hujan deras pada Sabtu malam (7/11/2015) hingga Minggi pagi.

KepalaBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Editorial di Padang Aro, Minggu (8/11), menyebutkan rumah warga yang terendam banjir berada di Kampung Palak, Kampung Terendam, dan Lawe Kecamatan Sungai Pagu.

“Banjir di Kampung Palak dan Kampung Terendam akibat luapan Sungai Batang Suliti. Banjir mulai terjadi sekitar pukul 11.00 WIB dan mulai susut sekitar jam 02.00 WIB. Saat ini sudah kering,” katanya dikutip AntaraSumbar.

*** 500 rumah terendam banjir | @RadioElshinta

Ia menambahkan, BPBD sempat mengungsikan warga di kedua jorong (Dusun) Kampung Palak dan Kampung Terendam tersebut. Sementara banjir di Lawe, sebutnya, akibat meluapnya Sungai Batang Lawe.

“Dari banjir itu, sekitar 1.500 jiwa terdampak langsung. Masyarakat kini sedang membersihkan rumahnya dari lumpur,” katanya.

Selain menyebabkan banjir, katanya, kuatnya arus juga menyebabkan beberapa tebing sungi longsor seperti di Batang Lawe, Sipotu dan Batang Lolo. “Ada sekitar 10 titik tebing sungai longsor. Total panjang mencapai 200 meter,” katanya.

Jalan sepanjang lebih kurang 20 meter di Mudiak Lawe, katanya, juga putus akibat dikikis arus Sungai Batang Lawe. “Akibatnya kendaraan roda empat tidak bisa lewat jalan itu,” katanya.

Luapan dari anak-anak sungai tersebut, imbuhnya, juga merendam persawahan masyarakat, seperti di daerah Rawang dan Batang Labuah. “Luas sawah yang terendam belum kami hitung,” katanya.

Ia menambahkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana ini dan diperkirakan kerugian mencapai miliaran rupiah.

 

 

(in)

%d blogger menyukai ini: