Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Uji Coba Rudal Balistik Bikin Panik Warga California

Uji Coba Rudal Balistik Bikin Panik Warga California

rudal-balistik_20150510_103902
Sketsanews.com – Warga California bagian selatan, Sabtu malam lalu dikejutkan dengan benda bercahaya yang terbang mengitari kawasan tersebut. Mereka pun panik dengan benda yang sempat diposting oleh sejumlah warga di media sosial.

Beberapa orang sempat menghubung-hubungkan cahaya putih yang berputar-putar tersebut sebagai alien atau pun meteor. Ada juga yang melaporkannya kepada penegak hukum.

Namun pejabat militer setempat buru-buru meminta kepada warga agar tidak perlu khawatir. Karena kejadian tersebut adalah bagian dari kegiatan militer mereka.

Sistem strategis Angkatan Laut AS memang sedang mengadakan uji coba rudal yang telah direncanakan. Program tersebut adalah uji terbang rudal balistik dari kapal Induk USS Kentucky. Pengujian dilakukan di lepas pantai California Selatan. Demikian pernyataan dari Pentagon.

Dikatakan rudal itu tidak bersenjata. “Uji coba ini adalah bagian dari tes evaluasi yang dijadwalkan, sistem yang sedang berjalan,” kata pernyataan itu.

Data yang dihimpun Tribunnews.com, “Peluncuran rudal dilakukan berkali-kali untuk memastikan keandalan sistem yang ada. Setiap kegiatan tes memberikan informasi berharga tentang sistem kami, sehingga memberikan kontribusi untuk jaminan dalam kemampuan kami,” demikian keterangan tersebut.

Warga yang terpesona sempat memvideokan cahaya tersebut. “Pada awalnya, itu tampak seperti bintang keemasan yang jatuh. Benda itu tadinya berbentuk cahaya kecil, membakar selama beberapa menit dan berubah menjadi terang ini tempat biru. Seperti di acara yang digelar di malam hari,” kata saksi Matt McKee.

Bandara Internasional Los Angeles juga mengeluarkan pernyataan minggu ini tentang pengujian militer. (Su)

%d blogger menyukai ini: