Sketsa News
Home Berita Terkini, News Rumah Ibadah Aliran Kepercayaan Sapta Darma Rembang di Bakar Massa

Rumah Ibadah Aliran Kepercayaan Sapta Darma Rembang di Bakar Massa

Sketsanews.com – Rumah ibadah Aliran Kepercayaan Sanggar Sapta Darma “Candi Busono” yang berada di Dukuh Blando, Desa Plawangan, Kecamatan Kragan, Rembang, Provinsi Jawa Tengah itu dibakar warga, Selasa, 10 November 2015.

“Massa sekitar 40-50 orang. Waktu kejadian pas saya sedang tidak ditempat. Saya dikabari oleh warga (penganut Sapta Darma) bahwa rumah ibadah kami dibakar,” terang Ketua Persatuan Sapta Darma (Persada) Kabupaten Rembang, Sutrisno, melalui telpon, Selasa (10/11/15), dikutip dari elsaonline.

Sutrisno bercerita, sekitar lima menit sebelum terjadi pembakaran, Kepala Desa dan Camat menghubunginya. Kedua wakil pemerintah itu meminta supaya Sutrisno menghentikan proses pembangunan sanggar. Atas permintaan Kades dan Camat itu, Sutrisno menghubungi tukang yang sedang mengerjakan pembangunan.

“Niat saya menghubungi untuk menghentikan pembangunan, ternyata sanggar sudah dibakar. Bangunan rusak semua, ya yang namanya dibakar ya hancur. Kami mengalami kerugian materi kurang lebih 100 juta rupiah mas. Kalau imateri tak terhitung,” terangnya.

Saat ditanya apakah ada yang mencurigakan sebelum terjadi pembakaran, Sutrisno mengiyakannya.

“Pada Minggu, (8/11) sekitar pukul 23.25 WIB, malam, sanggar kami didatangi delapan orang. Mereka keluar masuk bangunan terekam oleh kamera CCTV yang kebetulan kami pasang,” tandasnya.

Update : Kamis 12/11/2015 tidak ada pembakaran sperti yang dibayangkan. Rilis dari Mabes Polri :

“Jadi bangunanya itu baru dibangun, baru susun bata jadi tidak bisa dibakar. Baru memasang kusen,” ujar Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Suharsono di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (11/11/2015), selengkapnya di link bawah ini :

Rilis Mabes Polri : “..baru susun bata jadi tidak bisa dibakar,” Ihwal Sapta Darma Rembang

(in)

%d blogger menyukai ini: