Sketsa News
Home Berita Terkini, News MUI rekomendasikan pemerintah agar perkuat pondok pesantren

MUI rekomendasikan pemerintah agar perkuat pondok pesantren

Sketsanews.com – Majelis Ulama Indonesia (MUI) merekomendasikan pemerintah agar memperkuat pondok pesantren sebagai bagian dari pendidikan nasional. Itulah salah satu Rekomendasi dari sejumlah rekomendasi yang dikeluarkan setelah menggelar Rapat Kerja Nasional I tahun 2015 yang digelar pada 10-12 November di Ancol, Jakarta.

Rakernas MUI (foto Republika.com)
Rakernas MUI (foto Republika.com)

“Mendorong adanya Undang-Undang tentang Pendidikan Pesantren atau Undang-Undang tentang Pendidikan Agama dan Keagamaan yang sudah ada di Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Hal ini bertujuan untuk memposisikan secara sejajar (equal) mengenai dasar pengaturan pendidikan di pesantren dengan pendidikan umum,” kata Ketua Tim Perumus Pokok Pikiran dan Rekomendasi Eksternal MUI AM Romly di Jakarta, Kamis (12/11).

Pemerintah harus menjadi yang terdepan dalam menghentikan dikotomi pendidikan pesantren dan pendidikan umum untuk pembangunan pendidikan yang berwawasan karakter ke-Indonesiaan.

MUI meminta agar pemerintah membentuk kebijakan pendidikan berbasis kultur ke-Indonesia-an dan menghapus liberalisasi dan komersialisasi terhadap pendidikan yang merupakan hak dasar setiap rakyat Indonesia dan diatur oleh Undang-Undang Dasar.

MUI juga meminta agar pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan agama pada satuan pendidikan formal mulai dari pendidikan dasar sampai tingkat menengah.

MUI meminta pemerintah agar mengupayakan pendidikan gratis dan berkualitas dari PAUD, SD, SMP/MTs, SMA/MA, Sarjana (S1) hingga Pascasarjana S2 dan S3.

MUI juga meminta pemerintah untuk merealisasikan anggaran pendidikan 20 persen sesuai UUD 1945 dan menghentikan pemotongan subsidi pendidikan dengan alasan dan dalih apapun.(Ki)

%d blogger menyukai ini: