Sketsa News
Home Berita Terkini, News, Tekno-Sains Hoax, Tertipu Belanja Online – Lapor Interpol

Hoax, Tertipu Belanja Online – Lapor Interpol

Sketsanews.com – Banyak beredar foto tentang tindak lanjut penipuan online. Sementara pihak Polri menyampaikan bahwa informasi tersebut HOAX (tidak benar adanya). Belum ditemukan siapa oknum penyebar info palsu tersebut, tetapi email dan nomor telepon tersebut adalah benar milik NCB.

Seperti dikutip dari laman resmi Facebook Divisi Humas Mabes Polri, Kamis (12/11/2015), langkah benar dalam penanganan penipuan online adalah

1. Melaporkan ke polres terdekat agar diberi surat pengantar kepada pihak bank agar dapat segera memblokir rekening tersebut.

2. Download aplikasi pelacak nomor telepon yang sekarang sudah banyak di website maupun app store, setelah terlacak bisa segera minta tolong polisi untuk menangkap pelaku.

Pasal 378 KUHP, yang berbunyi sebagai berikut:

“Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain dengan melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat ataupun dengan rangkaian kebohongan menggerakkan orang lain untuk menyerahkan sesuatu benda kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama 4 tahun.”

Sedangkan, jika dijerat menggunakan UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), maka pasal yang dikenakan adalah Pasal 28 ayat (1), yang berbunyi sebagai berikut:

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.

Ancaman pidana dari pasal tersebut adalah penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.1 miliar.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: