Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Menhan Ryamizard sebut Musuh Negara, bagi Aktor Pengadilan Rakyat G30s PKI di Den Haag, Belanda

Menhan Ryamizard sebut Musuh Negara, bagi Aktor Pengadilan Rakyat G30s PKI di Den Haag, Belanda

Sketsanews.com – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyebut aktivis yang menggelar pengadilan rakyat Tragedi 1965 musuh negara. Sejumlah aktivis menggelar pengadilan rakyat 10-13 November di Den Haag, Belanda.

“Itu lawan negara,” kata Ryamizard di Kampus Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Kamis (12/11/2015), dikutip dari media MetroTV.

Dia mengatakan, warga Indonesia seharusnya menatap masa depan untuk kesejahteraan, bukan malah mengungkit masa lalu. Menurutnya, tragedi setelah pemberontakan Partai Komunis Indonesia bukan tanpa sebab.

“Pembunuhan itu tidak akan ada kalau tidak dimulai pemberontakan,” ujar Ryamizard.

Menurutnya, di manapun pemberontakan pasti dilawan dan menimbulkan korban. Dia mengatakan, para aktivis tidak sepatutnya menyalahkan pemerintah atas kejadian pada 1965.

Pengadilan rakyat di Den Haag digagas aktivis hak asasi manusia. Ketua penyelenggara adalah advokat Nursyahbani Katjasungkana. Advokat Todung Mulya Lubis bertindak sebagai jaksa.

Nursyahbani menjelaskan gerakan ini merupakan pertemuan ilmiah yang dihadiri sejumlah pakar dari berbagai bidang.

Tujuan utamanya mengumpulkan bukti terkait dugaan intrik politik melalui pembantaian massal pada 1965. Saat itu orang-orang yang dituduh komunis dibantai setelah Gerakan 30 September. Diperkirakan lebih dari setengah juta orang dibantai dan lebih dari satu juta orang dipenjara.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: