Sketsa News
Home Berita Terkini, News Mau Tumpas Teroris Poso, Truk Linud Kostrad 433 Makassar Masuk Jurang, 5 Tewas, 16 Luka

Mau Tumpas Teroris Poso, Truk Linud Kostrad 433 Makassar Masuk Jurang, 5 Tewas, 16 Luka

Sketsanews.com – Pasukan kostrad yang akan bergabung untuk menumpas teroris Poso dalam sandi “Aman Maleo IV,” kecelakaan akibat truknya mengalami rem blong dan masuk jurang, di wilayah Padeha, Napu kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah pada Minggu pagi, sekitar pukul 10.00 WITA (15/11/2015).

Berdasarkan informasi yang dihimpun Kompas, kecelakaan tersebut terjadi saat truk pengangkut pasukan TNI dari satuan Linud Kostrad 433 Makassar mengalami rem blong ketika melewati jalanan menurun.

Akibatnya, dari 21 tentara yang mengalami kecelakaan, sebanyak 5 orang diantaranya dilaporkan meninggal. Adapun 16 tentara lain mengalami luka. Sedianya, mereka hendak bergabung dengan seribuan anggota Polri di Poso dalam operasi pengejaran teroris dengan sandi operasi aman Maleo Empat.

Menurut Jery Gembu, Camat Lore Timur, yang berbatasan dengan wilayah kecamatan Lore Utara tempat lokasi kejadian, jalur Padeha yang menghubungkan antara Wuasa dan Palolo di Kabupaten Sigi Biromaru memiliki kemiringan hingga 60 derajat sejauh sekitar 4 kilometer.

Jalur itu juga memiliki tikungan yang tajam dan berbahaya. Menurut dia, kecelakaan tersebut terjadi saat iring-iringan rombongan truk TNI dari arah Palu menuju Poso mencoba menghindari mobil dari arah depan, lalu langsung masuk jurang.

“Berdasarkan laporan yang masuk sama saya, mobil tersebut mengalami kecelakaan saat mencoba menghindari mobil dari arah depan karena jalan yang sempit dan jurang di samping. Tiba-tiba mobil langsung masuk jurang yang cukup dalam,” kata Jery ketika dihubungi.

Sementara itu, Dandim 1307 Poso, Letkol Rian Hanandi yang dihubungi terpisah, belum bersedia memberikan keterangan resmi.

Ia hanya membenarkan kecelakaan tersebut dan proses evakuasi masih terus dilakukan.

“Minta maaf, kami belum berani berkomentar, yang jelas memang ada kecelakaan truk TNI dan telah menyebabkan anggota meninggal dan luka-luka,” katanya.

(in)

%d blogger menyukai ini: