Sketsa News
Home Berita Terkini, News Longsor di Leuwiliang, Kabupaten Bogor

Longsor di Leuwiliang, Kabupaten Bogor

Sketsanews.com – Kondisi terkini longsor di Desa Purwabakti Kel. Pamijahan Kec. Leuwiliang Kab. Bogor, 29 Rumah terancam terkena longsor, 109 jiwa sebagian mengungsi, pada Jumat (20/11/2015) sore. Dalam bencana tersebut Sebanyak 2 rumah dan 1 mushola mengalami rusak berat, dikutip dari tagar #SiagaBencana lewat akun @Relawan_RZ.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini. Namun seorang warga mengalami luka-luka dan puluhan warga lainnya terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“Totalnya ada 26 bangunan yang rusak, di mana 23 di antaranya rumah, dua rumah ibadah dan satu kantor desa rusak berat. Serta ada 1 korban luka dan sudah berada di RSUD Leuwiliang,” kata Budi Aksomo, Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Jumat (20/11/2015), dikutip dari Okezone.

Budi menambahkan, sejak malam hingga siang ini, tim gabungan terdiri dari BPBD, TNI/Polri dibantu masyarakat setempat masih melakukan evakuasi dengan membersihkan longsoran tanah dan bebatuan yang menimbun rumah warga juga membersihkan tanah longsoran yang menutup jalan desa tersebut.

“Sampai saat ini kami masih berusaha membersihkan puing-puing rumah yang hancur akibat tanah longsor,” tambahnya.

Selain itu, Budi menuturkan, Kecamatan Pamijahan merupakan salah satu daerah perbukitan yang kontur tanahnya rawan longsor dan masuk kategori zona kuning atau beresiko sedang.

Sedangkan kecamatan lainnnya di Kabupaten Bogor bagian barat yang termasuk zona kuning adalah Cigudeg, Rumpin, Babakan Madang, Caringin, Pamijahan, dan Cisarua.

“Wilayah tersebut memang zona bahaya rawan longsor. Untuk itu masyarakat diimbau lebih wasapada lagi jika lokasi tempat tingganya dekat dengan tebingan atau wilayah-wilayah yang kontur tanahnya labil,” jelasnya.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: