Sketsa News
Home Berita Terkini, News Gempa Banjarnegara, Satu Jam Sebelum Gempa Kuli Bangunan Tewas Terjatuh dari Lantai 3 SMKN 2 BAWANG

Gempa Banjarnegara, Satu Jam Sebelum Gempa Kuli Bangunan Tewas Terjatuh dari Lantai 3 SMKN 2 BAWANG

Sketsanews.com – [Update : 17:16:25] Gempa cukup kuat baru saja, Sabtu 21/11/2015 pukul 10:32:39 WIB dirasakan warga Banjarnegara dan sekitarnya. Satu orang pekerja bangunan tewas terjatuh dari lantai tiga di SMKN 2 BAWANG saat terjadi  satu jam sebelum gempa di Banjarnegara baru saja dikutip dari @PSpandhira.

Akun @DaryonoBMKG mewartakan Gempa M3.2SR 21-11-15 10:32:39 WIB, Lok:7.49 LS,109.74 BT (16 km Tenggara BANJARNEGARA), h:10Km dirasakan dalam III MMI. 

Laman website yang dikelolanya dijabarkan lebih lanjut, Pusat gempabumi terletak di daratan pada koordinat 7,49 LS – 109,74 BT, tepatnya pada jarak 16 kilometer arah tenggara kota Banjarnegara, dengan kedalaman hiposenter 10 kilometer. Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan cukup kuat di daerah Banjarmangu, Banjarnegara dengan skala intensitas II-III MMI.

Gempabumi Banjarnegara yang terjadi merupakan gempabumi tektonik dangkal akibat terjadinya penyesaran/patahan lokal di kedalaman dangkal. Hal ini sesuai dengan analisis mekanisme sumber gempabumi yang menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh sebuah aktivitas patahan dengan mekanisme strikeslip-normal (kombinasi pergerakan sesar mendatar dan sedikit turun). Nilai strike hasil analisis mekanisme sumber yang berarah utara-selatan ini sesuai dengan kondisi morfologi yang berupa pola-pola kelurusan di zona gempabumi.

Pukul 12.27.09 WIB dilaporkan terjadi gempabumi susulan dengan kekuatan M=3.4 Skala Richter, dirasakan di Banjarnegara dalam skala intensitas II-III MMI.

Sejarah gempabumi di daerah ini mencatat, bahwa gempabumi kuat dan merusak pernah terjadi pada 15 Okt 1852, dengan guncangan mencapai skala intensitas VI – VII MMI  hingga merusak banyak bangunan rumah. Selajutnya pada 19 April 2013 gempabumi dengan kekuatan M=4,8 Skala Richter juga merusak lebih dari 300 bangunan rumah di Kecamatan Batur dan Kecamatan Pejawaran.***

 

Klarifikasi Korban Jatuh dan Meninggal Dunia di SMKN2 Bawang Banjarnegara Terjadi Akibat Kecelakaan Kerja Satu Jam Sebelum Gempa

Klarifikasi, Korban yang terjatuh dan meninggal dunia bukan akibat gempa, namun akibat kecelakaan kerja, satu jam sebelum gempa terjadi, dari akun@PSpandhira dan @1Banjarnegara1. demikian penjelasan dan permohonan maaf dari kami sekaligus juga dari akun @PSpandhira lewat Direct Massages di Twitter @sketsanewscom.

 

GEMPA SUSULAN

@InfoBMKG, Info Gempa Mag:3.4 SR, 21-Nov-15 12:27:09 WIB, Lok:7.51 LS,109.66 BT (16 km BaratDaya BANJARNEGARA-JATENG), Kedlmn:10 Km ::BMKG

Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banjarnegara Teguh Rahayu mengatakan gempa pertama terjadi pada pukul 10.32 WIB dengan kekuatan 3,2 skala Richter (SR). Menurut dia, gempa tersebut berlokasi di 7,49 lintang selatan dan 109,74 bujur timur atau 16 kilometer tenggara Banjarnegara dengan kedalaman 10 kilometer.

Ia memperkirakan pusat gempat berada di sekitar Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. “Prediksi sementara dari patahan Serayu di Banjarnegara,” katanya, seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan gempa tersebut sangat lokal dan sangat dangkal sehingga masyarakat cenderung merasakan. Bahkan, kata dia, gempa tersebut di Banjarnegara hingga II-III MMI (Modified Mercalli skala Intensitas) sehingga sangat terasa.

Menurut dia, gempa kedua yang mengguncang Banjarnegara terjadi pada pukul 12.27 WIB yang berkekuatan 3,1 SR. “Lokasi gempa di 7,51 lintang selatan dan 109,66 bujur timur. Lokasinya masih sekitar gempa sebelumnya dengan narasi penyebabnya tetap sama,” katanya, dikutip dari MetroTV.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: