Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, Internasional, News Pria Asal Maroko Ditahan Polisi Turki Karena Diduga Terkait Serangan Paris

Pria Asal Maroko Ditahan Polisi Turki Karena Diduga Terkait Serangan Paris

Sketsanews.com – kepolisian Turki telah menahan seorang pria Belgia asal Maroko. Pria itu ditahan karena diduga terlibat penyerangan di kota Paris, seperti yang dilansir Kantor berita Turki, Dogan.

Polisi Turki pada Sabtu menangkap Ahmet Dahmani (kiri), tersangka teroris terkait serangan di Paris, Prancis, pekan lalu. (AFP)
Polisi Turki pada Sabtu menangkap Ahmet Dahmani (kiri), tersangka teroris terkait serangan di Paris, Prancis, pekan lalu. (AFP)

Pria itu diduga mengintai beberapa tempat, yang menjadi sasaran kelompok Negara Islam (IS), dalam serangan menewaskan 129 orang di Paris sepekan lalu, kata pejabat Turki, seperti dikutip dari laman Reuters, Sabtu (21/11/2015).

Ahmet Dahmani (26) ditangkap pihak kepolisian Turki di sebuah hotel mewah di kota pesisir selatan Antalya. Antalya merupakan lokasi pertemuan pimpinan Kelompok 20 negara (G20) yany digelar pekan lalu.

Sebelumnya, diberitakan kantor berita Dogan, yang menyebutkan dua pria lain juga ditangkap, namun rincian penangkapan itu tidak dijelaskan.

Kantor berita Dogan juga mengatakan, pria berusia 26 tahun tersebut menginap sejak 16 November di hotel bintang lima di lokawisata terkenal itu.

Sementara itu, dua pria lain, masing-masing berkewarganegaraan Suriah, ditahan di jalan raya terdekat atas dugaan bahwa mereka dikirim oleh kelompok jihadis IS di Suriah untuk memastikan perjalanan Dahmani dalam keadaan aman melewati perbatasan dan mereka juga berencana bertemu.

Kantor berita Dogan yang mengutip dari sumber pengadilan, mengidentifikasi dua orang lainnya bernama Ahmet Tahur berusia 29 tahun dan Muhammed Verdi berusia 23 tahun.

Kantor berita tersebut juga mengatakan, bersama Dahmani, pihak keamanan juga menangkap dua warga Suriah. Mereka diduga telah dikirim oleh ISIS untuk bertemu dengan Dahmani dan mengamankan perjalanannya di seluruh wilayah perbatasan Turki-Suriah.

Polisi antiteror awalnya menahan Dahmani ketika ia tiba dari penerbangan ke Antalya dan melacaknya ke hotel di distrik Manavgat.

Secara terpisah, Turki telah mendeportasi sekelompok orang Maroko yang ditahan di bandara utama Istanbul pekan ini karena diduga berhubungan dengan IS.

Kedelapan orang itu, yang tiba di bandar udara Ataturk, Istanbul pada Selasa malam hari dari Casablanca, Maroko, untuk liburan, ditahan oleh polisi perbatasan dan ditanyai oleh ahli raut muka yang menandai mereka sebagai tersangka militan, kata pejabat pemerintah.(Ki)

%d blogger menyukai ini: