Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Rilis Resmi Daftar 22 Situs yang diBlokir KomInfo tekait Download Mp3 dan Film Illegal

Rilis Resmi Daftar 22 Situs yang diBlokir KomInfo tekait Download Mp3 dan Film Illegal

Sketsanews.com – Para pencari download mp3 tampaknya harus googling lebih dalam, pasalnya 22 situs yang melanggar Hak Cipta dan Karya Film serta Karya Musik telah diblokir secara resmi oleh Kominfo.

Laman resmi Kominfo merilis, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menutup hak akses 22 situs yang melanggar hak cipta atas karya film.

“Kemkominfo telah meminta para penyelenggara jasa internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 22 situs tersebut, pada Kamis(12/11) lalu. Pemblokiran ini diharapkan dapat segera dilakukan semua pihak penyelenggara jasa internet untuk menghindari kerugian yang lebih besar,”kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu di Jakarta, Senin (23/11/2015).

Menurut Ismail Cawidu, penutupan 22 situs musik ilegal ini merupakan tindaklanjut dari permintaan Kementerian Hukum dan HAM melalui Surat Nomor Konten HK1.7.HM.O1.O5-264 tertanggal 15 Oktober 2015 tentang rekomendasi penutupan Konten dan/atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta berdasarkan pengaduan dari Asoiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

Secara rinci 22 situs musik ilegal tersebut antara lain:

  1. laguhit.com,
  2. mp3days.net,
  3. weblagu.com,
  4. wapkalagu.com,
  5. iozmusik.com,
  6. lagu.in,
  7. carilagu.net,
  8. bursalagu.com,
  9. beemp3s.org,
  10. arenalagu.com,
  11. saranmu.com,
  12. tubidy.I’m,
  13. stafaband.info,
  14. memomp3.com,
  15. zinzhu.com,
  16. mp3take.com,
  17. kumpulbagi.com,
  18. onlagump3.info,
  19. newlagump3.com,
  20. targetlagu.com,
  21. musik-corner.info, dan
  22. musicxplore.com.

Data ASIRI menyebutkan, yang mengakses di 22 situs ilegal tersebut mencapai 430ribu perbulan. Apabila satu mengakses mengunduh satu lagu saja, dengan asumsi satu lagu Rp7000, maka kerugian diperkirakan mencapai Rp66 miliar sebulan sehingga potensi pendapatan negara dari pajak yang hilang mencapai Rp6,6 miliar perbulan.

Kemkominfo menghibau pengguna internet dapat menggunakan situs-situs musik yang legal untuk mengakses lagu-lagu secara legal antara, langitmusik, arena musik, melodi online, guvera, Joox dan Volup.

 

Sanksi 22 Situs Ilegal, Kominfo Gandeng BKE dan ASIRI

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Bambang Heru Tjahyono mengatakan sanksi bagi pemilik 22 situs yang melanggar Hak Cipta dan Karya Film serta Karya Musik akan dikoordinasikan dengan Badan Kreatif Ekonomi (BKE) dan ASIRI untuk melakukan pengaduan kepada pihak berwajib.

“Situs situs ilegal ini bukan berarti tidak diberikan sanksi, tentu kita akan berkoordinasi dengan Badan Ekononomi Kreatif dan ASIRI untuk melakukan pengaduan yang pihak berwajib, dalam hal ini Bareskrim,” kata Bambang saat ditemui usai Konferensi Pers Pemblokiran Situs Ilegal Musik, di Kantor Kemkominfo, Jakarta, Senin (23/11).

Diakui Bambang, situs-situs yang melanggar Hak Cipta dan Karya Film serta Karya Musik itu beroperasi di luar indonesia. Situs itu kebanyakan menggunakan domain dotcom sehingga sedikit sulit mengindentifkasi pengelolanya. “Pelaku-pelaku sama, situsnya diblokir kemudian mereka membuat lagi,” katanya.

Dia menambahkan untuk melakukan pemblokiran situs-situs yang melanggar Hak Cipta dan Karya Film serta Karya Musik, Kemkominfo bekerjasama dengan ISP, “Dan ke depan akan  bekerjasama dengan DNS, untuk melakukan pemblokiran secara permanen,” tambah Bambang.

Ketika disinggung jika, ISP tidak melaksanakan pemblokiran atas permintaan Kemkominfo maka memberikan peringatan bahkan bisa dicabut izinnya melalui Ditjen PPI. “ISP tidak melakukan pemblokiran akan mendapat peringatan dan bisa dicabut izinnya oleh Ditjen PPI,” katanya

Sementara Ketua ASIRI Toto mengatakan pihaknya akan melaporkan pengelola 22 situs musik ilegal tersebut untuk mendapat sanksi sesuai undang-undang hak cipta. “Secepatnya kami akan laporkan ke Bareskrim setelah mendapat data akurat yang cukup terhadap 22 situs musik ilegal tersebut,” kata Toto.

Dia menambahkan, 22 situs yang diblokir tersebut dan tidak menutup kemungkinan tidak menutup kemungkinan untuk menutup lagi situs lainnya. “Kami terus memantau puluhan situs musik ilegal lainnya,” katanya dikutip dari laman resmi Kominfo.

(in)

%d blogger menyukai ini: