Sketsa News
Home Berita Terkini, Headlines, News Rilis Resmi Kapolri : 60-70 WNI yang Terlibat Perang Suriah Pulang

Rilis Resmi Kapolri : 60-70 WNI yang Terlibat Perang Suriah Pulang

“Kalau data kami tidak sebesar itu. Hanya sekitar 60-70 orang saja,” tegas Badrodin saat dihubungi wartawan, Kamis (26/11/2015). Rilis ini berbeda data dari Badan Intelijen Negara (BIN) yang menyebut ada 100 Warga Negara Indonesia (WNI) yang kembali ke tanah air setelah sebelumnya bergabung dengan ISIS di Suriah.

Perang Suriah | @Newsweek

‎”Untuk yang 60-70 ini identitasnya jelas dan lengkap semua ada di kami,” sambungnya. Puluhan WNI tersebut, sambung Badrodin, pulang ke tanah air dengan cara bermacam-macam. Mulai ada yang pulang secara sukarela maupun ada yang dideportasi, dikutip dari Merdeka.

Puluhan orang tersebut tersebar di Pulau Jawa, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Barat. Badrodin memastikan bahwa mereka yang kembali dari perang Suriah terus mendapat pemantauan dari kepolisian.

PHOTOS: Syria’s children are caught in the crossfire of civil war | @Reuters

Pemantauan itu demi mengantisipasi potensi gangguan keamanan. “Nah, yang jadi masalah ini kalau ada yang pulang diam-diam. Kami belum tahu itu, kami pantau terus itu ada atau tidaknya,” ujar Badrodin, dikutip dari Kompas.

Meski demikian, sejauh ini mereka belum melakukan aktivitas teror di Indonesia. Badrodin telah berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) untuk memantau WNI yang kembali dari Suriah.

(in)

%d blogger menyukai ini: