Sketsa News
Home Berita Terkini, Internasional, News Bom Bunuh Diri di Komunitas Syiah, 21 Tewas

Bom Bunuh Diri di Komunitas Syiah, 21 Tewas

Sketsanews.com – Serangan bom bunuh diri pada prosesi keagamaan kaum Syiah, Menjelang peringatan hari Arbain, yang menandai 40 hari kesyahidan Imam Husein  di negara bagian Kano Nigeria.

Ledakan yang menewaskan 21 orang itu di duga dilakukan oleh Boko Haram pada Jumat sekitar 02:00 waktu setempat (01:00 WIB).

Saksi mata Muhammad Turi mengatakan bahwa 21 orang telah tewas dan banyak yang terluka. Polisi mengatakan ada korban jiwa tetapi mereka tidak bisa mengkonfirmasi angka saat ledakan di dekat desa Dakozoye luar kota Garum Mallam, selatan kota kedua, Kano Nigeria.

Komisaris polisi Muhammad Musa Katsina mengatakan, “Itu di daerah urban, pada lahan pertanian di sepanjang jalan raya, perhatian kita adalah untuk membuat rasa aman dimanapun. Bom itu berdaya ledak tinggi.”

Komisaris mengatakan bahwa dia tidak tahu siapa yang berada di balik pemboman itu. Kecurigaan kemungkinan jatuh pada kelompok militan Islam Boko Haram, yang sering menggunakan pembom bunuh diri untuk mencapai target nudah seperti tempat ibadah, pasar dan stasiun bus.

Sejak kehilangan sebagian besar wilayah  yang dikendalikannya tahun ini, Boko Haram telah kembali ke taktik gerilya dan berjanji setia kepada Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) yang berbasis di Suriah dan Irak.

Pekan lalu, dua pembom bunuh diri wanita menyerang pasar ponsel di Kano, menewaskan sedikitnya 14 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya.

 

(in)

%d blogger menyukai ini: